3 Kejadian Misterius saat Tidur dan Penyebabnya Susah Diungkap

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi anak tidur sambil berjalan. Shutterstock.com

Ilustrasi anak tidur sambil berjalan. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat tidur, biasanya orang dalam kondisi tak sadar. Hal ini penting agar tubuh beristirahat total. Namun, banyak kejadian aneh yang sering terjadi saat kita tertidur.

Kejadian tersebut sering tidak kita sadari dan beberapa di antaranya belum terpecahkan penyebabnya hingga saat ini.

1. Mengigau
Beberapa orang mengalami somniloquy atau sering berbicara saar tertidur. Secara medis, kondisi ini dinilai tidak berbahaya. Walaupun demikian, hal ini akan membuat si pengidap merasa tak nyaman karena konon mereka bisa menceritakan hal-hal paling rahasia yang diketahuinya saat tertidur.

Baca juga:
Perempuan Lebih Baik Tidur Sendiri, Ketahui Sebabnya
Dokter Ingatkan Bahaya Tidur Tengkurap dan Meringkuk

2. Berjalan
Kalau mengigau hanya berbicara, maka ada sebagian orang lain yang malah bisa berjalan dalam tidur atau sleepwalking. Fenomena ini terjadi kemungkinan karena ada bagian otak yang masih aktif ketika kita tertidur sehingga tanpa disadari tubuh bisa beraktivitas dalam keadaan tidur. Menurut pengakuan beberapa orang dengan gangguan tidur ini, mereka biasanya akan terbangun dan tidak mengingat apapun yang dilakukannya selama berjalan sambil tidur.

3. Lumpuh walaupun sudah terbangun
Tentu beberapa dari kita pernah terbangun dari tidur, tapi tak bisa bergerak, seolah ada benda berat yang menimpa. Gejala ini seringkali disertai gejalan kelumpuhan lain, seperti mulut yang tidak bisa bergerak. Kondisi ini diperkirakan akibat gangguan sesaat pada koneksi saraf pusat dan saraf motorik seseorang, meski tak sedikit pula yang menganggapi jika kejadian itu akibat gangguan makhluk halus.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."