Dokter Ingatkan Bahaya Tidur Tengkurap dan Meringkuk

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi tidur telanjang. pulptastic.com

Ilustrasi tidur telanjang. pulptastic.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Spesialis tulang belakang dari klinik QI Spine di India, Dr. Shikha Jain, mengungkap dua posisi tidur paling buruk adalah tengkurap dan miring mirip janin. Posisi tidur tengkurap sebaiknya tak dilakukan karena mengganggu lekukan alami tulang belakang.

Seperti dilansir Indian Express, Jain mengatakan posisi tidur tengkurap juga mempengaruhi leher karena akan diputar di satu sisi. Menurut Jain, tengkurap selama beberapa jam terus menerus bisa sangat merusak leher dan tulang belakang. Kalaupun Anda belum bisa menghentikan kebiasaan ini, cobalah taruh bantal di bawah perut.

Artikel lain:
Susah Tidur, Terapkan Rumus 4 7 8 Supaya Terlelap

Selain tengkurap, posisi tidur mirip janin yakni posisi menyamping, kaki menekuk mendekati dada atau meringkuk juga tak bagus. Ini adalah posisi paling tidak sehat karena membuat posisi tulang belakang berbentuk C yang berlawanan dengan bentuk S biasa dari tulang belakang.

Jain mengatakan, cakram tulang belakang adalah struktur seperti gel, sehingga jika mendapat tekanan dari satu sisi akan menonjol keluar dari sisi lain. Kondisi ini disebut tonjolan cakram.

Pada posisi janin, semua cakram didorong ke belakang, membuat cakram bagian belakang sangat rentan mengalami pergeseran dan menyebabkan gel menekan akar saraf atau slipped disc. Anda harus menjaga punggung tetap lurus dan jika perlu kaki berada pada sudut yang benar. Menaruh bantal di antara kaki dapat membantu menstabilkan tubuh.

Baca juga:

Tips Agar Anak Tidur Cukup dan Nyenyak

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."