Pakar Sebut Pentingnya Mendidik Anak agar Tahan Banting

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
ilustrasi fashion anak (pixabay.com)

ilustrasi fashion anak (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak tugas yang harus dilakukan orang tua dalam membesarkan anak, salah satunya membuat anak menjadi seseorang yang tahan banting.

“Ketahanan yang dimaksud mengacu pada kemampuan anak dalam mengatasi dan bangkit dari kesulitan, frustrasi, dan masalah yang mereka hadapi secara rutin,” kata Michael Grose, pendiri sirus web Parenting Ideas sekaligus pakar ketahanan anak asal Australia.

Grose mengatakan, membanting ketahanan dalam diri seorang anak harus dilakukan sebagai bagian dari tugas kelompok keluarga. “Ini tidak hanya tentang anak secara individu, tetapi juga tentang membangun ketahanan dalam keluarga,” kata Grose.

Anak yang tangguh mencerminkan keluarga yang tangguh pula.

Baca juga:
Alasan Orang Tua Sekarang Suka Kasih Anak Nama Unik
Manfaat Jangka Panjang Anak Sering Bereksplorasi di Alam Bebas

Secara alami anak akan selalu memandang keluarga, meniru perilaku orang tua, sehingga bagaimana cara orang dewasa di sekitar anak mengatasi masalah dan rintangan yang mereka hadapi sehari-hari memainkan peranan yang sangat penting terhadap bagaimana anak mengatasi masalahnya sendiri.

Anak-anak pasti mengalami problema dalam hidup mereka, yang terkadang terlihat seperti hal sepele bagi orang dewasa.

“Kekecewaan-kekecewaan kecil yang dialami anak, seperti tidak diundang ke pesta ulang tahun temannya, tidak dimasukkan dalam tim inti olah raga, hingga tidak berhasil menyelesaikan proyek sekolah, membantu mereka belajar menghadapi masalah dan rasa frustrasi,” urai Grose.

Dengan terbiasa menghadapi masalah dalam hidupnya, anak akan menjadi lebih tangguh dan tahan banting saat diterpa problema hidup.

“Mengatasi masalah-masalah yang muncul dalam proses pertumbuhan anak seperti konflik dengan saudara kandung atau bahkan merasakan kegagalan bisa membangun kekuatan psikologis yang akan membantu mereka ketika mereka menghadapi tantangan besar setelah dewasa,” tegas Grose.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."