Chikita Meidy Rutin Makan Daun Katuk demi Persiapan Menyusui

Chikita Meidy. Instagram.com/@chikitameidy

kesehatan

Chikita Meidy Rutin Makan Daun Katuk demi Persiapan Menyusui

Senin, 18 Maret 2019 16:30 WIB
Reporter : Astari Pinasthika Sarosa Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi Chikita Meidy sedang mempersiapkan diri untuk menyusui anak pertamanya. Anak pertamanya dengan Indra Adhitya akan lahir pada bulan April 2019, karena itu sekarang dia sedang mempersiapkan diri agar bisa menyusui dengan baik saat anaknya lahir.

Baca juga: Cara Chikita Meidy Meredakan Stres Saat Hamil

Chikita Meidy mengatakan ibu mertuanya sering mengirim daun katuk setiap minggu untuk membantu persiapan menyusui. "Aku mengikuti cara-cara dari mertua aku. Mertua sangat mempengaruhi perkembangan hamil aku dan dia suka memberikan katuk untuk persiapan menyusui,” tutur Chikita Meidy, di acara Healthy and Happy Pregnancies, di Rumah Sakit Ibu dan Anak Grand Family, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Sabtu 16 Maret 2019.

Ada banyak cara untuk meningkatkan produksi ASI, salah satunya dengan mengkonsumsi daun katuk. Hal tersebut dibenarkan oelh Dr. Cynthia Agnes Susanto, Spesialis Obstetri & Ginekologi (Kebidanan dan Kandungan) di Rumah Sakit Ibu dan Anak Grand Family PIK. 

Dari sejak masa kehamilan, ibu bisa mulai mengkonsumsi daun katuk agar bisa memperlancar ASI (air susu ibu) setelah melahirkan. Cynthia menjelaskan kalau beberapa penelitian memang sudah membuktikan bahwa ibu yang mengonsumsi daun katuk akan memiliki produksi ASI yang lebih lancar dibandingkan mereka yang tidak.

Hal lainnya untuk meningkatkan produksi ASI adalah dengan menjauhi stres. Ibu menyusui yang stres atau tertekan sering kesulitan memberikan ASI setelah melahirkan. Sehigga sangat penting menjaga pikiran tetap positif untuk membantu memproduksi ASI.