Tips Mangolah Biji Avokad untuk Kesehatan dan Kecantikan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi jus alpukat. shutterstock.com

Ilustrasi jus alpukat. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Buah avokad bukan hanya enak disantap daging buahnya, tapi bijinya juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Mengutip Bright Side, biji avokad mengandung kalsium, magnesium, dan vitamin C. Biji avokad bisa digunakan sebagai bahan makanan dan bahan produk kecantikan.

Baca: 3 Khasiat Biji Alpukat untuk Kecantikan Kulit

Biji avokad memiliki sifat bakterisida dan fungisida yang mampu menetralkan berbagai mikroorganisme berbahaya. Biji avokad juga dapat meningkatkan metabolisme dan membantu tubuh kita membuang kolesterol jahat. Lantas bagaimana mengolah biji avokad untuk merasakan khasiatnya.

Pertama, kupas lapisan berwarna coklat yang membungkus biji avokad. Setelah itu biarkan biji avokad kering. Parut biji avokad yang sudah kering kemudian panggang di dalam oven dengan suhu rendah selama sekitar 1 jam. Biji avokad yang sudah diparut ini dapat digunakan sesuai selera.

Alpukat. Sxc.hu

Biji avokad parut panggang dapat dikonsumsi seperti biasa. Bisa juga digunakan sebagai tambahan salad, smoothie, atau hidangan lainnya. Biji avokad ini dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita obesitas, mereka yang mengalami masalah tekanan darah, peradangan atau gangguan pencernaan.

Untuk mendapatkan manfaat kecantikan dari biji avokad, tak perlu memanggangnya. Setelah mengupas kulit biji avokad dan memarutnya, bisa langsung digunakan sebagai scrub pada kulit yang bermasalah, misalnya berjerawat, rambut berminyak, dan ketombe.

Baca juga: Kolesterol tinggi? Saatnya Makan Alpukat Setiap Hari

Dengan parutan biji avokad yang dicampur kopi bubuk dan garam laut juga bisa membuat kulit terasa lebih sehat dan halus. Sedangkan untuk rambut, biji avokad bisa direbus selama 30 menit kemudian disaring dan gunakan airnya untuk membilas rambut setelah keramas. Rambut akan menjadi lebih bersih dan tidak berminyak.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."