Yuki Kato Menganggap Vaksinasi HPV Sebagai Investasi

Reporter: Astari Pinasthika Sarosa
Editor: Yunia Pratiwi
Kamis, 14 Maret 2019 15:01 WIB
Yuki Kato Menganggap Vaksinasi HPV Sebagai Investasi

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris Yuki Kato melakukan vaksinasi HPV dengan Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS). Wanita berusia 23 tahun ini ingin menunjukkan pentingnya melakukan vaksinasi HPV untuk mencegah kanker serviks.

Baca juga: Cegah Kanker Serviks, Dokter Ungkap Waktu Terbaik Beri Vaksin HPV

Vaksinasi HPV sangat penting untuk semua wanita di atas usia 9 tahun, namun banyak yang tidak melakukannya karena biaya yang cukup tinggi. Di usia 9-13 tahun, vaksinasi HPV harus dilakukan dua kali. Sedangkan untuk semua wanita di atas 13 tahun harus melakukan vaksinasi HPV sampai tiga kali.

Sekali suntik vaksinasi HPV memang membutuhkan biaya dari Rp 700 ribu sampai Rp 1,5 juta. “Aku melihatnya ini sebagai investasi yang bagus,” jelas Yuki Kato, sebelum melakukan vaksinasi di Plaza Indonesia, Rabu 13 Maret 2019.

Yuki mengaku sebelumnya tidak mengetahui betapa pentingnya vaksinasi HPV. Dia berpikir karena usianya masih 23 tahun, tidak perlu khawatir mengenai kanker serviks. Ia menjadi lebih sadar mengenai kanker serviks setelah orang tua dari temannya meninggal karena penyakit ini.

Pemeran sinetron Heart Series ini berharap lebih banyak wanita milenial yang juga sadar mengenai pentingnya vaksinasi HPV. “Semoga bisa memberikan dampak positif ke anak-anak perempuan, dan laki-laki juga, supaya bisa lebih sadar mengenai pentingnya investasi untuk kesehatan ini,” lanjut Yuki Kato.

Yuki mengingatkan banyak orang bisa mengeluarkan banyak uang untuk busana, makanan, dan gaya hidup yang mewah, namun tidak ingin menyempatkan diri untuk melakukan vaksinasi. Dengan melakukan vaksinasi bersama KICKS, Yuki Kato berharap bisa menjadi contoh yang baik.