Bukan Cuma Bumbu Dapur, Ini Manfaat Super Lengkuas buat Kesehatan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Lengkuas. TEMPO/Subekti

Lengkuas. TEMPO/Subekti

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Lengkuas dijuluki sebagai bumbu kehidupan. Fungsinya tak hanya untuk menambah cita rasa makanan melainkan juga dapat menyembuhkan sejumlah masalah kesehatan.

Tanaman yang bentuknya menyerupai jahe ini telah lama digunakan sebagai pengobatan, terlebih pada masyarakat Tionghoa. Lengkuas telah terbukti dapat mengobati masalah pencernaan, bau mulut, hingga mencegah kanker. Berikut beberapa manfaat lengkuas, dilansir Boldsky.

Artikel lain:
Jaga Suara Plus Kesehatan dengan Bumbu Dapur ala Anda Khalida

1. Melawan kanker
Salah satu manfaat paling signifikan yang dimiliki oleh lengkuas adalah potensinya sebagai agen pelawan kanker. Berbagai penelitian telah dilakukan dan masih dilakukan untuk mengungkapkan kemampuan lengkuas untuk melawan dan mencegah timbulnya berbagai jenis kanker dan tumor. Lengkuas terbukti memiliki kemampuan untuk mencegah kanker lambung, leukemia, melanoma, kanker pankreas, kanker usus besar, kanker payudara, kanker hati, dan kolangiokarsinoma (kanker saluran empedu).

Karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya, lengkuas membantu menurunkan kerusakan yang disebabkan oleh DNA radikal bebas dan unsur-unsur beracun lain. Kehadiran flavonoid, yang dikenal sebagai galanin, memainkan peran sentral dalam mencegah timbulnya kanker karena memodulasi aktivitas enzim dan menghancurkan genotoksisitas.

2. Meningkatkan sirkulasi darah
Lengkuas dinyatakan memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun yang ada di tubuh. Hasilnya, lengkuas meningkatkan sirkulasi darah dan memungkinkan masuknya nutrisi ke jaringan kulit. Sifat antioksidan yang dimiliki juga mampu mencegah racun berbahaya dari dalam tubuh. Karena racun yang tidak diinginkan telah dikeluarkan dari tubuh, maka aktivitas sistem peredaran darah pun meningkat.

3. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular
Lengkuas telah digunakan sebagai metode pencegahan penyakit jantung dan segala risiko yang berkaitan dengan sistem kardiovaskular. Lengkuas membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kontraksi dengan meningkatkan aliran darah ke semua organ vital. Biasanya, lengkuas digunakan sebagai obat untuk stroke dan penyakit terkait jantung lain.

4. Mengontrol asma
Efek antispasmodik yang dimiliki oleh lengkuas membantu mengurangi dahak, serta melebarkan bronkiolus untuk mengurangi kadar asma. Demikian juga, sifat anti-inflamasi dari lengkuas bermanfaat dalam mengendalikan serta menyembuhkan kondisi seperti asma dan sindrom gangguan pernapasan akut.

Ilustrasi lengkuas. thinkstock

5. Mengurangi lemak darah dan kolesterol
Flavonoid seperti kaempferol, kuersetin, dan galanin yang ada dalam lengkuas memainkan peran utama dalam menurunkan kadar kolesterol dan juga kadar lemak darah. Ekstrak lengkuas dinyatakan memiliki kemampuan untuk melawan sintase asam lemak sehingga mengurangi kadar kolesterol serta trigliserida.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh
Lengkuas memainkan peran penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Berbagai penelitian telah mengungkapkan bahwa ekstrak polisakarida yang ditemukan dalam lengkuas memiliki kemampuan untuk merangsang efek pada sistem retikuloendotelial. Akibatnya, jumlah sel limpa dan eksudat peritoneal meningkat, yang secara langsung bertanggung jawab untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ramuan ini bertindak sebagai unsur anti-HIV.

7. Mengurangi demam
Antibakteri serta properti antijamur yang dimiliki oleh lengkuas sangat berguna dalam mengurangi demam. Ini adalah obat rumah yang sangat efektif untuk demam dan pilek. Ramuan ini juga bermanfaat dalam meredakan batuk, dan sakit tenggorokan.

8. Meningkatkan kualitas kulit
Properti antijamur yang dimiliki oleh lengkuas bermanfaat dalam menyembuhkan masalah kulit dan alergi. Lengkuas juga digunakan untuk menyembuhkan jenis masalah kulit lain, seperti eksim, luka bakar, dan kulit gatal. Kehadiran vitamin C dalam lengkuas membantu meremajakan sel-sel kulit sehingga melindunginya dari tanda-tanda penuaan. Hal ini juga membantu mencegah timbulnya noda, bintik-bintik gelap dan jerawat.

Baca juga:

Nagita Slavina Belanja Bumbu Dapur Pakai Tas Rp 53 Juta

 
Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."