Tema Nusa Tenggara Barat di Pemilihan Putri Indonesia 2019

Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull (tengah) melambaikan tangan seusai memenangkan kontes pada malam final pemilihan Puteri Indonesia 2019 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat 8 Maret 2019. Finalis asal DKI Jakarta itu terpilih menjadi Puteri Indonesia 2019 setelah menyisihkan 38 finalis lainnya. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

ragam

Tema Nusa Tenggara Barat di Pemilihan Putri Indonesia 2019

Sabtu, 9 Maret 2019 09:30 WIB
Reporter : Silvy Riana Putri Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta – Pemilihan Putri Indonesia 2019 merupakan ajang ke-23 yang diselenggarakan Yayasan Putri Indonesia dan Mustika Ratu. Tahun ini bertempat di Plenary Hall, Jakarta Convention Center pada Jumat 8 Maret 2019. Setiap tahunnya ajang kecantikan ini mengusung tema yang berbeda. Bertujuan mendukung dan mengembangkan potensi setiap daerah di Tanah Air.

Baca juga: Frederika Alexis Cull Putri Indonesia 2019 yang Peduli Bencana

Tema tahun lalu adalah "Indonesia Inspirasiku - Pesona Tanah Pasundan - Bumi Parahyangan" yang terinspirasi dari keindahan serta kekayaan alam dan juga budaya dari Jawa Barat. Sedangkan tahun ini adalah Colorful West Nusa Tenggara. Sehubungan dengan hal itu, sejumlah rangkaian karantina finalis Putri Indonesia pun berlokasi di Pulau Lombok dan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Pada malam puncak Putri Indonesia 2019 juga terasa nuansa Nusa Tenggara Barat (NTB). Di antaranya penggunaan kain tenun NTB sebagai penutup nama juri yang akan memberikan pertanyaan di babak 6 besar. Busana yang dikenakan para finalis pun kental nuansa NTB dan Lombok. Intan Avantie merancang kebaya modern warna hijau bertema Colorful West Nusa Tenggara yang dikenakan finalis Top 3 Putri Indonesia 2019. Adapula busana bertema Lombok Pinion rancangan Anaz Khairunnas yang dipakai Top 11 finalis Putri Indonesia 2019.

Sejumlah finalis mengikuti malam final pemilihan Puteri Indonesia 2019 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat 8 Maret 2019. Kontes pemilihan Puteri Indonesia ke-23 itu diikuti 39 finalis dari perwakilan provinsi di Indonesia. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Selain pakaian para finalis, tampilan sejumlah penyanyi seperti Rossa, Judika hingga RAN serta para penari di atas panggung menyertakan detail kain tradisi Indonesia. Para tamu istimewa di Putri Indonesia 2019 mengenakan kebaya modern rancangan Anne Avantie. Mulai dari Miss Universe 2018 Catriona Gray dari Filipina, kemudian Miss International 2018 Mariem Velazco dari Venezuela, dan terakhir Miss Supranational 2018 Valeria Vaquez dari Puerto Riko. 

Dari 39 finalis yang mengikuti ajang Putri Indonesia 2019, Frederika Alexis Chull terpilh sebagai Putri Indonesia 2019. Frederika Alexis Cull juga akan mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2019. Gelar Runner Up 1 diraih oleh Jolene Marier Cholock Rotinsulu perwakilan Sulawesi Utara. Runner Up 2 Putri Indonesia adalah Jesica Fitriana Martasari dari Jawa Barat. Sebagai pemenang Putri Indonesia 2019, Frederika Alexis Cull akan mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2019.