Kenali Jenis Batuk dan Cara Memilih Obat yang Tepat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi batuk. huffingtonpost.com

Ilustrasi batuk. huffingtonpost.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beberapa penyakit mudah menyebar di musim pancaroba, karena perubahan cuaca yang tidak menentu. Misalnya penyakit batuk yang ternyata tidak hanya memiliki satu jenis. Sebab itu, sangat penting untuk  mengetahui jenis batuk yang berbeda-beda untuk mengetahui cara memilih obat yang tepat.

Baca juga: Jangan Sepelekan Batuk pada Anak Jika Disertai Gejala Lain

Dr. Riana Nirmala Wijaya, Medical Expert Sanofi Indonesia, menjelaskan batuk ada beragam jenisnya yang dapat diketahui dari suara batuk. “Kalau berdahak akan terdengar langsung suaranya ada kayak grok-grok. Berbeda dengan batuk kering yang lebih ke radang tenggorokan,” tutur Dr. Riana, di acara "Jangan Batuk Berdahak Jauhkan Yang Dekat di Masa Pancaroba Ini" di Jakarta beberapa waktu lalu.

Biasanya batuk berdahak disertai kesulitan untuk mengeluarkan dahak. Riana menambahkan pemilihan obat batuk juga harus disesuaikan dengan jenisnya. “Memilih obat batuk, harus mengetahui dulu jenis batuk kita. Batuk kering, batuk berdahak, atau batuk flu juga ada. Itu masing-masing memiliki obat batuk dengan kandungan yang berbeda-beda,” lanjut Dr. Riana.

Artikel lain: Ayo Rajin Berjemur di Pagi Hari dan Dapatkan Manfaat Kesehatan

Warna obat batuk tidak menunjukkan fungsi dari obat batuk. Ada obat batuk yang berwarna kuning, ada yang berwarna hitam, ada yang berwarna oranye dan ada yang berwarna pink, warna tersebut disebabkan oleh kandungan yang digunakan. “Komposisi tersebut yang harus dilihat, apakah memang komposisinya cocok untuk jenis batuk Anda,” jelas Dr. Riana.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."