Ayo Rajin Berjemur di Pagi Hari dan Dapatkan Manfaat Kesehatan

Ilustrasi wanita santai sambil berjemur sinar Matahari. Dan Kitwood/Getty Images

kesehatan

Ayo Rajin Berjemur di Pagi Hari dan Dapatkan Manfaat Kesehatan

Jumat, 22 Februari 2019 14:02 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Tak selamanya sinar matahari buruk buat kesehatan. Apalagi sinar matahari di pagi hari yang berguna buat tubuh.

Sinar matahari pagi sangat baik bagi tubuh dan kulit. Saat akan berjemur di pagi hari, sebaiknya jangan memakai tabir surya. Biarkan cahaya matahari pagi memberikan manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah mampu memperbaiki kondisi kulit, termasuk mempercepat regenerasi kulit sehingga noda bekas jerawat atau luka yang mengering dapat segera hilang.

Baca juga:Aturan Makan Nasi agar Tidak Berbahaya buat Kesehatan

Sinar matahari pagi juga dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh. Alasannya, berjemur di pagi hari akan membuat produksi antibodi lebih maksimal sehingga mampu lebih cepat dan efektif menangkal infeksi bakteri, jamur, dan virus penyebab penyakit.

Pembuluh darah di kulit akan melebar ketika terkena paparan hangatnya sinar matahari pagi. Meningkatnya sirkulasi darah akan membuat nutrisi dan oksigen lebih banyak mencapai sel-sel tubuh. Dengan demikian, tubuh akan terasa lebih bugar.

Artikel lain:7 Khasiat Cabai Hijau untuk Kesehatan Tubuh

Belum lagi manfaat sinar matahari yang membantu tubuh mengubah provitamin D menjadi vitamin D dan dapat menurunkan risiko kanker. Selama 10-15 menit, akan ada sekitar 1.000-3.000 Unit Internasional (IU) vitamin D yang diproduksi tubuh saat berjemur. Vitamin D diketahui pula dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan melawan penyakit jantung.

Selain itu, matahari pagi mampu merangsang hormon serotonin yang dapat mengatur suasana hati. Meski punya banyak manfaat baik, ingat untuk jangan terlalu lama terpapar sinar matahari. Waktu berjemur yang ideal di bawah matahari adalah sebelum pukul 09.00.

TEEN