Selfie Boleh Saja, tapi Pahami Juga Efek Buruk buat Kesehatan

Ilustrasi wanita sedang berfoto selfie. shutterstock.com

kesehatan

Selfie Boleh Saja, tapi Pahami Juga Efek Buruk buat Kesehatan

Jumat, 22 Februari 2019 14:23 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Dengan teknologi kamera yang semakin canggih di berbagai gawai seperti ponsel, tablet, kamera, bahkan kamera mirrorless, maka orang pun semakin senang berswafoto atau selfie.

Tetapi awas, seringkali orang tak memahami efek selfie bagi kesehatan. Selfie memang menjadi hal yang sangat lumrah dilakukan orang-orang dewasa ini. Selain untuk koleksi pribadi, mereka cenderung senang mengunggahnya ke jejaring sosial untuk kepuasan tersendiri.

Artikel terkait:Makeup Tepat Buat Selfie, Perhatikan Bedak dan Riasan Mata

Berbagai macam pose maupun gaya akan dilakukan orang-orang demi kepuasan sesaat, seperti mendapatkan likes dan komentar dari orang lain. Namun, jika dilakukan tanpa kontrol maka tentu saja akan ada efek bagi kesehatan yang membawa dampak negatif.

Teknologi saat ini sangat memungkinkan orang-orang untuk dapat melakukan selfie di mana dan kapan saja. Apalagi jika ia melakukan di tempat-tempat yang jarang dikunjungi oleh banyak orang, maka hal tersebut akan menjadi kepuasan tersendiri.

Ada beberapa efek negatif selfie bagi kesehatan yang sangat fatal apabila tidak dipahami secara baik.

Ilustrasi pasangan kekasih melakukan selfie. home.bt.com

1. Obsesi tampil sempurna yang menyebabkan tubuh menjadi tidak fitObsesi untuk tampil sempurna saat berfoto selfie menjadi syarat wajib bagi orang-orang untuk memenuhi kepuasan. Tak jarang orang-orang harus bergaya dengan frontal dan melawan cuaca ekstrem sehingga berpotensi mempengaruhi kondisi kesehatan. Umumnya, orang yang melakukan selfie secara berlebihan di tempat terbuka atau di alam bebas saat bepergian membuat tubuh terpapar berbagai kondisi cuaca, seperti angin kencang secara terus menerus, kehujanan, kepanasan, dan akhirnya menyebabkan tubuh menjadi sakit dan kurang fit.

Baca juga:Kim Kardashian Mengerem Hasrat Selfie: Anak Tak Tahu Aku Terkenal

2. StresObsesi untuk mendapatkan foto terbaik dan paling sempurna terkadang disalahartikan menjadi foto selfie yang tidak dikontrol. Tak jarang seseorang menjadi stres karena tak kunjung mendapat kualitas selfie seperti yang diinginkan. Level stres seperti ini menjadi sangat fatal karena ia cenderung tidak akan berhenti berselfie-ria hingga mendapatkan apa yang ia mau. Level stres karena foto selfie ini berpotensi membahayakan kondisi tubuh.

3. PikunTernyata, pikun juga menjadi salah satu contoh negatif efek selfie bagi kesehatan. Penelitian mengungkapkan bahwa ketika seseorang melakukan foto selfie secara terus menerus, radiasi dari gawai, khususnya sponsel dan tablet, yang terkena wajah akan menyebabkan hal yang luar biasa fatal. Radiasi yang memapar tubuh dan wajah terus menerus dalam jangka panjang akan mengakibatkan pening di bagian kepala hingga bisa risiko kepikunan.

TEEN