Kata Peneliti Wanita Lebih Tertarik Pria Humoris, Benarkah?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi pasangan. Shutterstock

Ilustrasi pasangan. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Konon, laki-laki yang humoris lebih mudah mendapatkan pasangan, begitu kata sebuah penelitian. Dari hasil penelitian itu diklaim orang-orang yang humoris jauh lebih menarik buat wanita daripada yang tidak punya rasa humor.

"Humor itu sangat berpengaruh," kata pemimpin penelitian, Daniel Doerksen, dari jurusan psikologi Universitas Simon Fraser di British Columbia, Kanada.

Menurut Doerksen, bila orang itu lebih lucu, maka ia lebih menarik dan membuat lawan jenis ingin menjalin asmara dengannya. Untuk memastikan bagaimana sifat humoris seseorang mempengaruhi daya tarik mereka bagi orang lain, para peneliti mengumpulkan masing-masing 50 mahasiswa dan mahasiswi untuk diteliti.

Baca juga:
Ingin Menjadikan Teman Kerja sebagai Pacar, Begini Saran Pakar

Untuk mendapatkan jawaban daya tarik fisik para peserta, peneliti membagikan foto-foto mereka. Para peserta berlainan jenis kelamin diberi waktu untuk berinteraksi, satu orang diberi lawan bicara 10 dengan masing-masing pembicaraan berlangsung selama empat menit.

Setelah itu, para peserta diberi serangkaian pertanyaan, termasuk seberapa menarik orang yang diajak bicara itu, seberapa lucu, dan apakah peserta tersebut jatuh cinta kepadanya. Hasilnya, orang-orang yang humoris mendapatkan nilai yang lebih tinggi dan laki-laki yang lucu mendapat lebih banyak perhatian.

"Sifat humoris menaikkan daya tarik laki-laki terhadap perempuan lebih dari daya tarik perempuan terhadap laki-laki. Bila kita tidak lucu, maka kita pun dicap tidak menarik," ujar Doerksen kepada Live Science.

Artikel lain:
Dua Sikap yang Bisa Membuat Pria Bertekuk Lutut

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."