Stop Gunakan Media Sosial bila Sudah Mengalami 3 Hal Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi bermain sosial media di ponsel. Shutterstock.com

Ilustrasi bermain sosial media di ponsel. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Media sosial telah menjadi bagian dari kehidupan banyak orang. Tak hanya orang dewasa, remaja bahkan anak-anak juga tak bisa jauh dari media sosial.

Media sosial memang bisa menjadi hiburan. Tapi jika terlalu ketergantungan menggunakannya maka bisa menimbulkan efek yang berbahaya bagi kesehatan mental. Jadi, jika sudah mengalami tiga hal ini maka segera beristirahat sejenak dari media sosial.

Artikel lain:
5 Tips Kurangi Kecanduan Media Sosial
Pantau Aktivitas Anak di Media Sosial, Pahami f-Insta dan r-Insta

#Iri dengan kesuksesan orang lain
Media sosial memang menjadi tempat untuk membagikan segala sesuatu. Terkadang, meskipun hanya membagikan foto yang menurut kita biasa saja, tapi bagi orang lain itu bisa dianggap sebagai hal yang dipamerkan. Terlalu sering melihat foto atau video pencapaian orang lain bisa membuat iri. Namun, jika terus-menerus merasa iri dengan kesuksesan orang lain setiap melihat media sosial, maka sebaiknya beristirahat dulu dan tinggalkan media sosial.

#Selalu mengumbar setiap aktivitas hingga tak memiliki privasi
Media sosial memang menjadi tempat untuk berbagi. Namun, jika sudah ketagihan dan setiap menit mengumbar setiap aktivitas di media sosial, maka hal itu harus segera dikurangi. Kita harus bisa memilah mana yang harus diumbar dan mana yang harus dijaga. Terkadang, komentar orang lain bisa sangat menyakiti hati. Jadi, sebaiknya jagalah privasi sebaik mungkin agar tak menjadi bahan gunjingan orang lain.

#Membandingkan diri sendiri dan orang lain
Salah satu dampak dari keseringan menggunakan media sosial adalah bisa membuat terus-menerus membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Hal ini juga sangat tak baik karena bisa membuat iri dan ingin menjadi seperti orang lain. Lebih baik tetap percaya diri dan tak perlu terus membandingkan diri dengan orang lain karena kita memiliki kehidupan masing-masing.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."