4 Mitos Kecantikan yang Bikin Perempuan Terkecoh

Ilustrasi kulit kering. Shutterstock

kecantikan

4 Mitos Kecantikan yang Bikin Perempuan Terkecoh

Kamis, 16 Agustus 2018 21:03 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Kulit harus selalu dirawat dan dijaga agar sehat dan cerah. Hanya saja, ada berbagai mitos tentang kecantikan yang berseliweran di luar sana yang menyesatkan, tapi terus dilakukan oleh sebagian perempuan.

Baca juga:Raline Shah Berbagi Tips Merawat Kulit SensitifCek Kesehatan Kulit Lewat Air Liur, Berapa Harganya?

Dokter kecantikan dan estetika, Maria Charlotte menjelaskan empat mitos terkait kecantikan wajah dari sisi medis. Berikut ini penjelasan Maria Charlotte yang juga Direktur Utama ID Beauty Clinic Jakarta.

1. Kadar SPF pada tabir suryaSalah satu mitos yang masih banyak dipercaya ialah semakin tinggi kandungan SPF dalam tabir surya, maka semakin baik bagi kecantikan. Padahal, banyak sedikitnya kandungan SPF semstinya perlu disesuaikan dengan kegiatannya. "Contoh, saat beraktivitas di luar ruangan atau di dalam ruangan, berenang dan lainnya," ujar Maria Charlotte di kawasan Kebayoran, Jakarta, Selasa, 14 Agustus 2018.

2. EksfoliasiMitos kecantikan yang juga keliru adalah sering melakukan eksfoliasi akan membuat kulit semakin kinclong. "Padahal over-exfoliate akan menimbulkan iritasi karena lapisan kulit menipis," kata Maria Charlotte

3. Membersihkan wajahBanyak orang percaya wajah yang bersih adalah yang terasa kesat. Padahal, menurut Maria Charlotte, rasa kesat itu pertanda pembersih yang digunakan kurang tepat karena telah mengikis kelembapan alami kulit. "Setelah mencuci wajah, harusnya kulit terasa lembap, bukan kering," ucap dia.

4. Penggunaan pelembapKulit berminyak tak perlu lagi pakai pelembap. Mitos ini jelas keliru. Musababnya, kulit mulai berangsur-angsur berkurang kelembapannya ketika seseorang mulai menginjak usia 20 tahun. "Karena itu, kulit berminyak pun tetap memerlukan pelembap," kata dia.

YATTI FEBRI NINGSIH