Jangan Simpan Kopi, dan 4 Makanan ini di Kulkas, Dampaknya Buruk

Reporter: Cantika.com
Editor: Yunia Pratiwi
Senin, 11 Februari 2019 12:00 WIB
Jangan Simpan Kopi, dan 4 Makanan ini di Kulkas, Dampaknya Buruk

CANTIKA.COM, Jakarta - Biasanya kita sering menyimpan makanan ataupun minuman di dalam kulkas. Salah satu tujuannya agar menjaga kesegaran nutrisi yang dikandungnya.

Baca juga: Kolaborasi Dian Sastrowardoyo-Reino Barack Hadrikan Makanan Sehat

Mengutip laman Medical Daily, tak semua jenis makanan dan minuman boleh dimasukkan ke dalam kulkas. Berikut ini lima jenis makanan dan minuman tersebut. 

#1. Tomat
Untuk tomat hijau yang belum matang diletakkan dalam posisi terbalik dengan bagian bawah ke atas dan dibungkus kantung kertas, menurut laman Pop Sugar. Jika tomat sudah berwarna merah dan matang, idealnya disimpan sesuai suhu ruangan selama beberapa hari. Letak penyimpanannya disarankan jauh dari terik sinar matahari.

Sebuah studi menunjukkan bahwa menyimpan tomat dalam kulkas dapat mengurangi senyawa yang terkait rasa sebanyak 65 persen. Khusus untuk tomat yang terlalu matang disarankan disimpan di  kulkas untuk menjaga rasa dan bertahan paling lama tiga hari.

#2. Roti
Anda tentu pernah menyimpan roti di dalam kulkas dengan agar tahan lama masa kondusminya. Ternyata hal itu tidak disarankan, menurut Wayne Gisslen, penulis buku Professional Baking. Dia mengatakan roti di dalam kulkas enam kali lebih cepat basi dibandingkan roti yang disimpan di suhu ruangan. Gisslen menyarankan jika Anda bisa memperkirakan tidak akan menghabiskan roti dalam waktu seminggu, lebih baik dibekukan di freezer dan dicairkan saat Anda akan memakannya.

#3. Madu
Sebagai pemanis berbahan liquid atau cair, madu dapat bertahan selama berabad-abad tanpa perlu didinginkan dengan alasan  menjaga ketahanan khasiatnya. Sebab, ketika madu didinginkan dapat menjadi keras dan sulit untuk dikonsumsi. "Madu akan mengkristal di dalam sarang, jika suhunya turun di bawah 50 derajat Fahrenheit. Sama halnya, madu akan mengkristal dalam wadah saat disimpan di dalam rak kulkas," tulis Gwen Pearson dari Purdue University di laman Wired.

#4. Bawang
Jenis sayuran umbi-umbian ini disarankan disimpan dalam kondisi kering dan kaya sirkulasi udara. Ketika ditempatkan dalam situasi yang dingin dan lembab, kandungan pati akan berubah dengan cepat menjadi gula. Selain itu, dapat menyebabkan tekstur bawang menjadi lunak.

Sebaiknya disimpan pada suhu 45 hingga 50 derajat Fahrenheit, seperti yang direkomendasikan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat. Kiat lainnya adalah menghindari menyimpan bawang berdekatan dengan kentang. Sebab kedua sayuran tersebut cenderung melepaskan uap air dan gas yang merusak satu sama lain.

#5. Kopi
Kopi
harus disimpan dalam wadah kedap udara dan cukup diletakkan di area dapur. Menyimpan bubuk atau biji kopi di dalam kulkas memang tidak mempengaruhi kandungan kafein, namun dapat mengurangi intensitas rasa. "Struktur sel berubah, sehingga menyebabkan hilangnya minyak yang memberi aroma kopi,” jelas Scott McMartin, anggota kelompok Kopi Hijau Starbucks kepada laman Real Simple.

SILVY RIANA PUTRI