Tak Disarankan Mencampur Madu dengan Air Hangat, Apa Sebabnya?

Reporter: Tabloid Bintang
Editor: Rini Kustiani
Jumat, 23 November 2018 18:50 WIB
Tak Disarankan Mencampur Madu dengan Air Hangat, Apa Sebabnya?

CANTIKA.COM, Jakarta - Madu merupakan bahan makanan yang berkhasiat untuk kesehatan. Selain bisa dimakan langsung, madu juga biasanya menjadi campuran bahan makanan lain untuk menambah cita rasanya.

Baca: Ayo Minum Madu Sebelum Tidur dan Rasakan 10 Manfaat Kesehatan Ini

Madu dipercaya mampu menyembuhkan beberapa gejala penyakit, seperti batuk, pilek, atau untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hanya saja, tidak semua makanan bagus dicampur dengan madu.

Alasannya, percampuran madu dengan bahan makanan ini justru memicu gangguan kesehatan. Apa saja 3 jenis bahan makanan tersebut?

1. Lobak
Ilustrasi lobak

Percampuran lobak dengan madu dapat membentuk zat beracun dalam tubuh. Karena itu, sebaiknya hindari kombinasi keduanya. Apalagi jika kamu termasuk orang yang menyukai tambahan lobak pada salad dan sering menjadikan madu sebagai campurannya.

2. Air hangat atau panas
Ilustrasi air madu. shutterstock.com
Banyak orang minum madu dengan air hangat atau panas untuk meredakan sakit tenggorokan. Madu juga efektif sebagai obat pereda batuk. Haya saja, mencampurkan madu dengan air hangat atau panas justru dapat membahayakan kesehatan. Hal itu disebut bisa meningkatkan jumlah hydroxymethyl furfuraldehyde atau HMF sehingga toksisitas dalam tubuh juga turut meningkat.

3. Daging
Ilustrasi daging sapi. livestrongcdn.com

Menurut konsep Ayurveda, madu dan daging adalah kombinasi makanan yang dilarang untuk dikonsumsi. Percampuran keduanya dapat memicu berbagai masalah kesehatan. Sebab itu, ada baiknya menghindari madu saat memanggang daging.

AURA