Tak Disarankan Mencampur Madu dengan Air Hangat, Apa Sebabnya?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi madu. Holliejean.com

Ilustrasi madu. Holliejean.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Madu merupakan bahan makanan yang berkhasiat untuk kesehatan. Selain bisa dimakan langsung, madu juga biasanya menjadi campuran bahan makanan lain untuk menambah cita rasanya.

Baca: Ayo Minum Madu Sebelum Tidur dan Rasakan 10 Manfaat Kesehatan Ini

Madu dipercaya mampu menyembuhkan beberapa gejala penyakit, seperti batuk, pilek, atau untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hanya saja, tidak semua makanan bagus dicampur dengan madu.

Alasannya, percampuran madu dengan bahan makanan ini justru memicu gangguan kesehatan. Apa saja 3 jenis bahan makanan tersebut?

1. Lobak
Ilustrasi lobak

Percampuran lobak dengan madu dapat membentuk zat beracun dalam tubuh. Karena itu, sebaiknya hindari kombinasi keduanya. Apalagi jika kamu termasuk orang yang menyukai tambahan lobak pada salad dan sering menjadikan madu sebagai campurannya.

2. Air hangat atau panas
Ilustrasi air madu. shutterstock.com
Banyak orang minum madu dengan air hangat atau panas untuk meredakan sakit tenggorokan. Madu juga efektif sebagai obat pereda batuk. Haya saja, mencampurkan madu dengan air hangat atau panas justru dapat membahayakan kesehatan. Hal itu disebut bisa meningkatkan jumlah hydroxymethyl furfuraldehyde atau HMF sehingga toksisitas dalam tubuh juga turut meningkat.

3. Daging
Ilustrasi daging sapi. livestrongcdn.com

Menurut konsep Ayurveda, madu dan daging adalah kombinasi makanan yang dilarang untuk dikonsumsi. Percampuran keduanya dapat memicu berbagai masalah kesehatan. Sebab itu, ada baiknya menghindari madu saat memanggang daging.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."