Penelitian: Olahraga Pangkal Pandai

kesehatan

Penelitian: Olahraga Pangkal Pandai

Jumat, 8 Februari 2019 16:42 WIB
Reporter : Antara Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Berolahraga bisa menyehatkan tubuh sekaligus meningkatkan fungsi kognitif. Begitu menurut penelitian dalam jurnal Neurology, jurnal medis dari American Academy of Neurology.

Seperti dikutip dari Indian Express, studi itu menyatakan bahwa senam aerobik jika dilakukan secara teratur dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir orang-orang bahkan, di usia 20-an.

Artikel lain:Kelebihan Olahraga Berkelompok Dibanding Sendiri, Bikin Semangat

Penemuan ini muncul setelah para peneliti memeriksa orang-orang dalam kelompok usia 20-67 tahun. Mereka lalu dibagi menjadi kelompok peregangan, senam aerobik, dan pengencangan tubuh. Rupanya, mereka yang melakukan senam aerobik memperoleh hasil lebih baik, yakni 10-20 tahun lebih muda dari usia fisik mereka.

"Kami menemukan bahwa semua peserta yang berolahraga tidak hanya menunjukkan peningkatan dalam fungsi kognitif tetapi juga meningkatkan ketebalan di area lapisan luar otak," kata Yaakov Stern, peneliti dari Universitas Columbia di New York, Amerika Serikat.

Ilustrasi wanita hamil olahraga. shutterstock.com

Sebuah penelitian, yang sebelumnya dilaporkan The New York Times, telah menyatakan bahwa orang tua yang telah berolahraga secara teratur memiliki otot yang mirip dengan orang sehat berusia 25 tahun.

"Kami sangat tertarik pada orang-orang yang telah mulai berlari dan berolahraga meledak pada 1970-an," kata Scott Trappe, penulis senior studi dan direktur Laboratorium Kinerja Manusia di Ball State.

Dia menambahkan bahwa orang-orang pada zaman itu melakukan olahraga sebagai hobi.

Baca juga:Mulai Gaya Hidup Sehat dengan Olahraga, Pilih yang Kamu Suka