Tips Memasak Rendang Pakai Santan Kemasan dari William Wongso

Ilustrasi rendang. shutterstock.com

kuliner

Tips Memasak Rendang Pakai Santan Kemasan dari William Wongso

Sabtu, 2 Februari 2019 15:45 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu makanan Indonesia yang diakui kelezatannya oleh dunia adalah rendang. Makanan ini merupakan daging yang digulai dengan santan sampai kuahnya kering sama sekali, sehingga yang tersisa untuk dinikmati potongan daging beserta bumbunya.

Baca juga: Menu Lebaran, Yuk Coba Resep Rendang Tanpa Santan

Menurut pakar kuliner William Wongso, rendang memiliki lebih dari 200 resep. "Bumbu dasarnya cabai, bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, kunyit, kemiri, cengkih, dan kayu manis. Bumbuh dasar yang paling banyak memang cabai," ujar William Wonso daalam acara Teka Sempurnakan Dapur Keluarga, di Jakarta, Rabu 30 Januari 2019.

Pakar kuliner Indonesia, William Wongso saat menghadiri acara Teka Sempurnakan Dapur Keluarga Indonesia: Wujudkan Dapur sebagai Jantung Hati di Tengah Keluarga di Kantor Pusat Teka, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu 30 Januari 2019. TEMPOSilvy Riana Putri

Lebih lanjut William Wongso melanjutkan untuk bumbu aromatik dapat menggunakan sereh, daun jeruk, dan daun kunyit.  Bahan lainnya untuk memasak rendang adalah santan. "Anda bisa menggunakan santai yang diperas dari kelapa secara langsung atau santan dalam kemasan," ujarnya.

Artikel lain: Resep Beef Sukiyaki Rendah Lemak dan Garam

Khusus santan dalam kemasan, William Wongso menyarankan sebaiknya piliha yang kadarnya 24 persen, bukan 18 persen. Kadar 24 persen adalah perasan pertama yang membuat hasil akhir rendang lebih lezat.

AURA