Selain Kurang Tidur, Ada 7 Sebab Lingkaran Hitam di Bawah Mata

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi mata. Pixabay.com

Ilustrasi mata. Pixabay.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Lingkaran hitam yang muncul di bawah mata biasanya diduga karena kelelahan atau kurang tidur. Padahal penyebab lingkaran hitam itu muncul bukan hanya karena kelehahan.

Baca juga: Rutin Mengkonsumsi Timun Ampuh Samarkan Mata Panda

Mengutip laman Good Housekeeping, ada tujuh hal lain yang menyebabkan area di bawah mata jadi terlihat lebih gelap dari biasanya. Simak ulasannya berikut ini

#1. Warisan gen yang buruk
"Ada kondisi keturunan yang terjadi dalam keluarga yang dapat menyebabkan kulit di bawah mata menggelap," jelas dokter kulit Bruce Katz. Hal ini sangat umum terjadi pada orang-orang dengan latar belakang Mediterania. Jika itu adalah pigmentasi, ada laser khusus yang dapat digunakan dokter kulit yang dapat menyingkirkannya.

#2. Eksim
Meski eksim tidak secara langsung menyebabkan lingkaran hitam, namun rasa gatal sehingga menggaruk secara ekstrem juga dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata. "Saat menggaruk berlebihan dapat menyebabkan peningkatan pembengkakan, peradangan, dan pembuluh darah yang pecah di daerah mata, yang dapat memberikan kulit penampilan yang gelap dan hampir memar," kata dokter kulit David E. Bank.

#3. Alergi
Kondisi kulit seperti eksim bukanlah satu-satunya masalah kesehatan yang dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata. "Alergi sering memicu histamin di tubuh yang menyebabkan pembuluh darah membesar," jelas Dr. Bank. "Karena kulit di kelopak mata dan di bawah mata kita adalah yang paling tipis di dalam tubuh, bisa menyebabkan pembuluh darah yang membengkak tampak lebih gelap daripada bagian wajah lainnya."

#4. Makeup
Meski makeup dapat menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata, namun juga dapat memperburuk keadaan. “Beberapa orang mengembangkan reaksi alergi terhadap makeup, dan mereka mendapatkan lingkaran dari iritasi, menggosok, dan menggaruk," kata Dr. Katz memperingatkan.

#5. Struktur tulang 
Anehnya, lingkaran di bawah mata tidak ada hubungannya dengan kulit Anda yang sebenarnya. "Ketika orang-orang memiliki air mata yang tajam di bawah mata mereka, bayangan dan lekukan dapat menyebabkan munculnya kegelapan, tetapi sebenarnya tidak berasal dari pigmen atau vena," kata Dr. Katz.

#6. Pembuluh darah
Jika area mata terlihat sangat biru, itu bisa jadi karena pembuluh darah. "Vena biru di bawah mata Anda terlihat gelap juga, sehingga membuat kelopak mata dan di bawah mata tampak memiliki lingkaran hitam, tetapi sebenarnya hanya urat-urat di bawah kulit," jelas Dr. Katz.

#7. Tidak melindungi kulit dari sinar matahari
"Kulit kelopak mata adalah yang paling tipis di dalam tubuh, sehingga kerusakan akibat sinar matahari muncul dengan cepat di area ini dalam bentuk pelebaran dan peningkatan aliran darah," kata Dr. Bank.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."