3 Tips Menyamarkan Mata Panda dan Cara Bersihkan Makeup Mata

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi wanita bermata cokelat. Pixabay.com

Ilustrasi wanita bermata cokelat. Pixabay.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Lingkaran hitam di area bawah mata atau biasa disebut mata panda sangat menggangu penampilan. Wajah akan tampak lelah dan lebih tua.

Baca:
Kebiasaan yang Mengganggu Penglihatan, Makeup Mata Salah Satunya

Mata panda biasanya muncul jika kurang tidur atau kecapaian. Buat kamu yang mungkin sedang mengalaminya, ikuti 3 langkah berikut untuk menyamarkan mata panda.

1. Cukup tidur
Samarkan mata panda dengan cara yang paling menyenangkan, yakni tidur. Dermatolog dari Ultimo Clinic Alam Sutera, Refla Syarif mengatakan kurang tidur menjadi sebab utama warna gelap di bawah mata.

Saat seseorang kurang tidur, maka aliran darah tidak lancar sehingga terkumpul di bawah mata. Mengumpulnya darah di bawah mata meciptakan lingkaran berwarna gelap di daerah itu dan terlihat jelas.

Dokter spesialis kulit dan kelamin dari Rumah Sakit Siloam, Jakarta, Edwin Taihaha mengingatkan, waktu ideal untuk tidur yakni 6 sampai 8 jam sehari. "Sebaiknya tidur sebelum jam 22.00 sehingga tubuh bisa beristirahat optimal dan bangun lebih segar," ucap dia. Sebaliknya, menurut Edwin, kalau tidur terlalu lama juga tidak bagus untuk kulit karena bisa menyebabkan mata panda.

2. Pakai krim mata dengan pencerah
Mayoritas krim mata mengandung pencerah. Namun kandungan pencerah yang disarankan oleh Refla Syarif adalah vitamin C dan glutation. "Kalau sudah terlanjur mengalami mata panda, maka area gelap di bawah mata bisa dikurangi dengan menggunakan krim pencerah yang mengandung vitamin C dan glutation," kata dia.

Baca juga:
Makeup Ria Ricis, yang Kulit Sawo Matang dan Mata Sayu Wajib Tahu

Vitamin C berfungsi mencerahkan dan kaya antioksidan sehingga dapat membantu menyamarkan mata panda. Sementara kandungan glutation efektif untuk mencerahkan kulit yang gelap termasuk di area bawah mata.

Selanjutnya: Kompres mata dan cara membersihkan makeup mata

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."