3 Tips Menyamarkan Mata Panda dan Cara Bersihkan Makeup Mata

Reporter: Tabloid Bintang
Editor: Rini Kustiani
Selasa, 4 Desember 2018 21:30 WIB
3 Tips Menyamarkan Mata Panda dan Cara Bersihkan Makeup Mata

CANTIKA.COM, Jakarta - Lingkaran hitam di area bawah mata atau biasa disebut mata panda sangat menggangu penampilan. Wajah akan tampak lelah dan lebih tua.

Baca:
Kebiasaan yang Mengganggu Penglihatan, Makeup Mata Salah Satunya

Mata panda biasanya muncul jika kurang tidur atau kecapaian. Buat kamu yang mungkin sedang mengalaminya, ikuti 3 langkah berikut untuk menyamarkan mata panda.

1. Cukup tidur
Samarkan mata panda dengan cara yang paling menyenangkan, yakni tidur. Dermatolog dari Ultimo Clinic Alam Sutera, Refla Syarif mengatakan kurang tidur menjadi sebab utama warna gelap di bawah mata.

Saat seseorang kurang tidur, maka aliran darah tidak lancar sehingga terkumpul di bawah mata. Mengumpulnya darah di bawah mata meciptakan lingkaran berwarna gelap di daerah itu dan terlihat jelas.

Dokter spesialis kulit dan kelamin dari Rumah Sakit Siloam, Jakarta, Edwin Taihaha mengingatkan, waktu ideal untuk tidur yakni 6 sampai 8 jam sehari. "Sebaiknya tidur sebelum jam 22.00 sehingga tubuh bisa beristirahat optimal dan bangun lebih segar," ucap dia. Sebaliknya, menurut Edwin, kalau tidur terlalu lama juga tidak bagus untuk kulit karena bisa menyebabkan mata panda.

2. Pakai krim mata dengan pencerah
Mayoritas krim mata mengandung pencerah. Namun kandungan pencerah yang disarankan oleh Refla Syarif adalah vitamin C dan glutation. "Kalau sudah terlanjur mengalami mata panda, maka area gelap di bawah mata bisa dikurangi dengan menggunakan krim pencerah yang mengandung vitamin C dan glutation," kata dia.

Baca juga:
Makeup Ria Ricis, yang Kulit Sawo Matang dan Mata Sayu Wajib Tahu

Vitamin C berfungsi mencerahkan dan kaya antioksidan sehingga dapat membantu menyamarkan mata panda. Sementara kandungan glutation efektif untuk mencerahkan kulit yang gelap termasuk di area bawah mata.

Selanjutnya: Kompres mata dan cara membersihkan makeup mata


3. Kompres mata
Air dingin dipercaya dapat menenangkan mata dan mengurangi area hitam di bawah mata. Selain air dingin, Refla Syarif menambahkan, mengompres mata dengan irisan mentimun atau kantung berisi teh hijau baik untuk menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata.

Selain 3 tips menyamarkan mata panda tadi, Refla Syarif juga menyarankan tidak menggosok-gosok mata. Musababnya, kulit di sekitar mata lebih tipis dibanding bagian wajah yang lain. Karena itu, menggosok area mata terlalu keras dapat memicu peradangan sehingga kulit di area itu menjadi gelap dan menimbulkan kerutan.

Biasanya orang menggosok area mata terlalu keras untuk membersihkan makeup. Cara yang tepat, kata dia, adalah dengan cukup menempelkan kapas yang sudah diberi pembersih pada mata tertutup dan biarkan beberapa saat, lalu lepaskan.

Kalaupun perlu menggosok untuk membersihkan makeup, lakukan dengan perlahan dan satu arah sampai riasan benar-benar terangkat. Pada beberapa orang, lingkaran di bawah mata sulit dihilangan lantaran faktor genetik atau keturunan.

AURA