Ingin Hilangkan Mata Panda, Ikuti Saran dari Dokter Kulit

Reporter: Cantika.com
Editor: Rini Kustiani
Kamis, 6 September 2018 18:07 WIB
Ingin Hilangkan Mata Panda, Ikuti Saran dari Dokter Kulit

CANTIKA.COM, Jakarta - Kamu pasti sebal jika mendapati lingkaran hitam di bawah mata atau biasa disebut dengan mata panda. Tapi sebelum berusaha menyamarkannya, ada beberapa hal tentang mata panda yang perlu kamu ketahui.

Baca juga:
Menonton Televisi Bikin Mata Kering, Atasi dengan 3 Cara Ini

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Rumah Sakit Pondok Indah – Puri Indah, Kardiana Purnama Dewi mengatakan ada kebiasaan yang memicu munculnya lingkaran hitam di bawah mata dan membuat wajah terlihat lelah atau pucat. "Lingkaran hitam di bawah mata bisa disebabkan kurang tidur, merokok, minum alkohol," kata Kardiana di Jakarta Barat, Jumat 31 Agustus 2018.

Lantas kenapa lingkaran hitam ini terlihat di bagian bawah mata? "Karena kulit di bawah mata itu yang paling tipis," ucap dia. Walaupun sulit dihilangkan, ada beberapa hal yang bisa membantu menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata. Salah satu caranya, menurut Kardiana, dengan menggunakan krim mata.

Krim mata tentu mengandung pelembap dan disarankan memilih yang memiliki pelembap murni. Kalaupun ada tambahan unsur pemutih atau zat yang bisa membuat kulit cerah, Kardiana menyarankan agar mengecek dulu reaksi kulit karena zat ini bisa jadi terlalu berat untuk lapisan kulit yang tipis di bawah mata.

Ilustrasi alis dan mata. Shutterstock

Jika ingin menyamarkan mata panda dengan menggunakan makeup, Kardiana mengatakan, ada hal-hal yang harus diperhatikan. Musababnya, terkadang menggunakan concealer atau makeup di bawah mata, bisa membuat lingkar hitam menjadi lebih parah atau kian jelas terlihat. "Perlu diingat kalau kulit di bawah mata itu tipis, jadi cukup sensitif dengan produk-produk yang digunakan," kata dia.

Kamu bisa juga ingin menyamarkan mata panda dengan cara yang alami, misalnya dengan menggunakan kantung teh bekas atau mentimun. "Silakan, tapi jangan terlalu lama. Cukup 15 sampai 20 menit saja," ucap Kardiana. Apabila bulatan hitam di bawah mata terjadi karena genetik, maka tidak akan bisa menghilangkannya dengan metode alami.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA

Artikel lainnya:

Makeup Tepat Buat Selfie, Perhatikan Bedak dan Riasan Mata
Makeup Ria Ricis, yang Kulit Sawo Matang dan Mata Sayu Wajib Tahu