Kecemasan Wajar pada Orang Tua, Ini Kata Psikolog

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi cemas. Shutterstock.com

Ilustrasi cemas. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebagian orang mungkin pernah merasa cemas saat akan atau sedang menjalani peran sebagai orang tua dan ini wajar, menurut psikolog anak dan keluarga, Dr. Rosemini Agoes Salim, M.Psi.

"Saat ibu hamil, ada banyak pertanyaan. Banyak kecemasan. Apalagi bayi pertama, antara senang dan bingung, menimbulkan kecemasan," ujar psikolog yang akrab disapa Rommy itu.

Hanya saja, cemas boleh asalkan tidak berlebihan karena bisa berisiko menimbulkan overstimulasi yang berujung pemberian stimulasi pada anak tidak optimal. Saat kecemasan berlebihan, ada satu titik yang dinamakan baby blues atau depresi pascamelahirkan. Kondisi ini bisa berlangsung enam bulan hingga setahun dan perlu segera mendapat penanganan agar tak bertambah serius.

Baca juga:
Menulis Bisa Jadi Cara untuk Ibu Bekerja Atasi Kecemasan Berlebih

"Sementara kecemasan yang rendah pada ayah dan bunda cenderung berpotensi menyebabkan kurangnya stimulasi serta melalaikan masalah," katanya.

Menurut Rommy, rasa cemas yang menerpa orang tua bisa berdampak pada perilaku mereka mengurus anak. Oleh karenanya, sekalipun cemas itu wajar tetapi harus dikendalikan. Untuk mengendalikan sekaligus mengatasinya, orang tua harus memperbanyak pengetahuan, memilah informasi yang mereka terima dan melakukan stimulasi yang tepat dan tidak semata berdasarkan tren.

Kate Sweeny, seorang profesor psikologi dari University of California, Riverside di Amerika Serikat melalui tulisannya yang dipublikasikan dalam Social and Personality Psychology Compass, berpendapat bahwa merasa khawatir berhubungan dengan munculnya perilaku positif.

"Tampaknya terlalu banyak atau terlalu sedikit kekhawatiran bisa mengganggu motivasi, tapi kekhawatiran yang tak berlebihan tak masalah," kata Sweeny.

Lalu apa yang harus dilakukan kala rasa khawatir melanda? Menurut Sweeny, itu mungkin isyarat kalau Anda perlu segera bertindak.

Artikel lain:
Menggambar Tak Hanya Buat Anak-anak, Rasakan 7 Manfaatnya

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."