Saran Ahli Menentukan Sepatu Tepat untuk Anak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi sepatu anak. (Pixabay.com)

Ilustrasi sepatu anak. (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada banyak pertimbangan saat membeli sepatu untuk anak. Biasanya para orang tua mempertimbangkan model yang bagus, harga yang menggiurkan, atau faktor kenyamanannya. Namun, sebaiknya memilih sepatu untuk harus tepat, agar tidak menyebabkan gangguan kesehatan serius. 

Baca juga: Pahami Waktu dan Lakukan Gerakan Ini Sebelum Beli Sepatu Bot

Lantas hal apa saja yang harus dipertimbangkan saat membeli sepatu anak? Karena orang tua tidak bisa mencoba langsung sepatu yang akan dibelikan untuk anak, Dr. Brenden Brown, podiatris atau dokter ahli masalah kaki asal Sidney sekaligus pengasuh laman seputar kesehatan kaki, memberikan langkah mudah untuk mengetahui apakah sebuah sepatu nyaman atau tidak untuk anak.

Begini Trik Memilih Sepatu Yang Tepat Untuk Anak (Deposit Photos)
(Deposit Photos)

Peganglah kedua ujung sepatu, lalu tekuk ke atas. Lihatlah di bagian mana sepatu tertekuk, tengah atau bagian depan. “Sepatu yang bagus seharusnya tidak tertekuk di bagian tengah, tetapi harus bagian bawah jari kaki di mana kaki tertekuk di bagian itu,” ujar Brenden Brown.

Menurut Brown bentuk sepatu seperti itu akan menciptakan stabilitas, karena kaki anak tidak terlalu bekerja keras selama hari sekolah, saat ia banyak memakai sepatu. Selain memperhatikan tekukan sepatu, orang tua juga perlu memperhatikan model sepatu yang nyaman.

Jangan memilih sepatu yang bagian tumitnya terlalu kaku. Dan pilihlah sepatu tanpa tali untuk anak-anak yang belum bisa mengikat tali sepatu. Sebab tali sepatu berpotensi terlepas dan menyebabkan anak tersandung saat berlari.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."