Perempuan Suka Banyak Pikiran, Waspadalah Saat Berkendara

Reporter: Cantika.com
Editor: Rini Kustiani
Kamis, 29 November 2018 08:16 WIB
Perempuan Suka Banyak Pikiran, Waspadalah Saat Berkendara

CANTIKA.COM, Jakarta - Pengetahuan tentang keselamatan berkendara penting buat laki-laki maupun perempuan. Khusus untuk perempuan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait kondisi psikologis, atribut saat berkendara, sampai kondisi kendaraan itu sendiri.

Baca: Studi: Perempuan Dewasa Mengemudi Lebih Baik dari Pria

Pendiri dan CEO Queenriders, Iim Fahima Jachja mengatakan pada prinsipnya tidak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan mengenai tips berkendara. "Penting untuk memahami kondisi diri sendiri dan mengecek keadaan kendaraan sedetail mungkin," kata Iim di acara safety riding dari GO-JEK yang berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan dan Queenriders di kantor GO-JEK Pasaraya, Jakarta, Selasa, 27 November 2018.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan mulai dari perlengkapan berkendara, apakah sudah sesuai dengan standar keselamatan seperti helm, sarung tangan, sepatu, jaket. Juga cek kondisi kendaraan misalnya rem, oli mesin, dan lain-lain.

Iim Fahima Jachja. TEMPO/Nurdiansah

Yang tak kalah penting, Iim melanjutkan, pastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat. Jika sedang sakit usahakan jangan paksakan untuk berkendara. "Misalnya sedang flu kemudian minum obat, itu sebenarnya tidak boleh berkendara karena efek samping obat yang bisa bikin mengantuk dan kondisi fisik sedang tidak fit," ujarnya.

Baca juga: Perempuan Tak Mahir Nyetir, Mitos Atau Fakta?

Iim mengatakan sebagian besar kesalahan perempuan saat berkendara disebabkan kurang konsentrasi. "Kecenderungan perempuan itu banyak pikiran. Jadi pikirannya ke mana-mana," ujarnya.

Belum lagi saat ini sudah memasuki musim hujan. Iim menyarankan memakai jas hujan yang aman dan bukan model jubah yang panjang sehingga berpotensi terselip di jari-jari ban.

Satu lagi yang tak kalah penting untuk perempuan berkendara adalah menjaga penampilan, terutama yang mengendarai sepeda motor. "Merawat kecantikan diri juga harus diperhatikan, misalnya memakai sunblock supaya kulit tidak gosong," kata dia.

WISNU ANDEBAR

Artikel lainnya:
Bagian Baju Wanita yang Wajib Diperhatikan Saat Naik Sepeda Motor