Tren 2 Tahap Membersihkan Wajah, Pilih Bahan yang Tepat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi membersihkan wajah. Shutterstock.com

Ilustrasi membersihkan wajah. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Membersihkan wajah wajib dilakukan setiap hari, terutama sebelum tidur. Wajah yang bersih membuat kulit bisa bernapas dan mencegah jerawat.

Baca:
MUA Bubah Alfian: Wajib Bersihkan Wajah Meski Tak Pakai Makeup

Dermatolog dari ID Beauty Clinic Jakarta, dr. Maria Charlotte, B Med Sci mengatakan metode double cleansing atau membersihkan wajah dengan dua langkah kini sedang tren. Teknik tersebut dianggap mampu membersihkan wajah lebih maksimal.

Produk yang dipakai untuk melakukan double cleansing tahap pertama adalah pembersih berbahan dasar minyak, seperti milk cleanser, cleansing oil, micellar water. Setelah itu, gunakan pembersih berbahan dasar air seperti cleansing gel atau cleansing foam.

"Minyak bekerja seperti magnet. Efektif mengangkat material berbahan dasar minyak seperti sebum, makeup, tabir surya, debu, dan partikel asap atau polusi," kata dia. Tahap kedua, pakai pembersih berbahan dasar air untuk mengangkat kotoran yang disebabkan keringat.

Maria Charlotte menjelaskan, cara kerja pembersih berbahan dasar minyak dan air berbeda. "Kalau hanya memakai salah satu pembersih, hasilnya tidak akan maksimal," ucap dia. Selain itu, Maria mengingatkan, penting memilih pembersih yang sesuai dengan jenis kulit.

Baca juga: Usai Pakai Micellar Water, Perlukah Cuci Muka Lagi?

Wanita berkulit kering sebaiknya menggunakan produk pembersih seperti milk cleanser lalu cream cleanser. Bagi pemilik kulit berminyak, disarankan memakai cleansing oil lalu cleansing gel. Bagi yang berkulit kering, jangan gunakan produk pembersih yang ada kandungan alkoholnya.

Yang kulitnya berminyak, pilih pembersih dengan kandungan asam salisilat. "Untuk micellar water cocok di semua jenis kulit," ucap Maria.

Jika sebagian orang menganggap ciri-ciri kulit bersih adalah terasa kesat setelah dibersihkan, itu keliru. Maria Charlotte mengatakan intinya kalau kulit semakin bagus dan kenyal, berarti produk itu cocok untuk kulitmu.

AURA

Artikel lainnya:
Beda Manfaat Sleeping Mask dan Krim Malam buat Kulit Wajah

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."