Kulit Mulai Menua di Usia 25, Jangan Lupakan 5 Perawatan Berikut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi kulit. Boldsky

Ilustrasi kulit. Boldsky

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kulit merupakan organ tubuh yang paling besar dan memiliki banyak fungsi. Kulit menjadi pelindung organ lain, menjaga suhu tubuh, dan dari kulit pula kita bisa mengetahui tanda-tanda munculnya penyakit.

Baca: Beda Manfaat Sleeping Mask dan Krim Malam buat Kulit Wajah

Dermatolog dokter Edwin Tanihaha mengatakan supaya kulit tetap berfungsi maksimal maka harus dirawat sejak dini, terutama bagi mereka yang sudah berusia 25 tahun. Musababnya, menurut dia, di usia ini proses penuaan kulit mulai terjadi.

Untuk menjaga kondisi kulit, Edwin Tanihaha menyarankan agar tidak melewati satupun dari 5 rutinitas perawatan kulit berikut, yakni membersihkan, melembapkan, menggunakan krim malam, memakai tabir surya, dan melakukan perawatan seperti masker dan lainnya.

"Bila pakai makeup, pembersih yang penting adalah cleansing oil atau milk, lalu dibersihkan dengan air, dan pakai toner," kata Edwin Tanihaha di Hotel Four Seasons, Jakarta Selatan, Selasa 6 November 2018. "Untuk yang tidak pakai makeup, cukup bersihkan kulit dengan sabun atau toner saja."

Ilustrasi kulit sehat. shutterstock.com

Baca juga:
Hal Remeh yang Bikin Khasiat Produk Perawatan Kulit Tak Maksimal

Setelah pembersih, pakai pelembap yang memiliki manfaat sesuai kebutuhan kulit. Krim malam juga jangan terlewat karena menjadi kunci dalam menjaga kelembapan. Selanjutnya, selalu pakai tabir surya terutama sebelum keluar rumah.

"Untuk sehari-hari, tabir surya hanya bertahan 3 sampai 4 jam saja. Setelah itu sudah tidak ada gunanya sehingga mesti pakai lagi," ucap Edwin Tanihaha. "Adapun saat berenang atau berolahraga, tabir surya hanya bertahan selama 30 menit." Mengenai perawatan tambahan, dia menjelaskan, bisa menggunakan masker, peeling, suntik vitamin C, sampai obat pencerah wajah.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA

Artikel lainnya:
Kepanasan Lalu Masuk ke Ruangan Ber-AC Tak Baik Buat Kulit

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."