Ketahui Waktu Tubuh Membersihkan Usus dan Detoksifikasi

Reporter: Tabloid Bintang
Editor: Rini Kustiani
Jumat, 5 Oktober 2018 21:36 WIB
Ketahui Waktu Tubuh Membersihkan Usus dan Detoksifikasi

CANTIKA.COM, Jakarta - Ketika kamu merasa lelah, sebaiknya jangan abaikan keinginan untuk beristirahat. Ingat, butuh istriharat untuk memulihkan segala fungsi yang berkaitan dengan kerja organ tubuh.

Istirahat bukan cuma menutup mata lalu melemaskan otot. Istirahat di sini berarti harus melepaskan semua ketegangan termasuk pikiran yang berkelana untuk urusan pekerjaan, cinta, keluarga, cita-cita, atau apapun yang membuatmu tak nyaman.

Pastikan seluruh tubuhmu rileks. Singkatnya, tidur adalah proses yang paling efektif untuk menenangkan tubuh. Dan tidur yang paling istimewa adalah tidur di malam hari.

Mau tahu sebabnya? Pukul 23.00 sampai 01.00 adalah waktu tubuh membuang racun atau detoksifikasi. Kemudian pada pukul 01.00 sampai 03.00 terjadi proses pembersihan paru-paru.

Ilustrasi tidur mangap. Shutterstock

Pukul 05.00 sampai 07.00 terjadi proses pembersihan usus besar. Sebab itu, di jam-jam ini biasanya perut terasa mulas dan ingin buang air besar. Pukul 07.00 sampai 09.00 terjadi proses penyerapan gizi dalam usus halus. Karena itu, disarankan sarapan sebelumnya.

Jika tidur malam berantakan. Misalnya tidur pada dinihari, bangun kesiangan, maka proses alami pada tubuh tadi juga akan berubah. Proses detoksifikasi dan pencernaan terganggu.

Jadi, sayangi tubuhmu dengan istirahat yang paripurna atau tidur malam yang cukup.

Selamat tidur.

AURA

Baca juga:
Nikita Willy Anggap Puasa seperti Detoksifikasi, Ada Aturan Buka