3 Pikiran Horor Terkait Kanker Payudara, Faktanya Belum Tentu

Ilustrasi peduli kanker payudara. Shutterstock

kesehatan

3 Pikiran Horor Terkait Kanker Payudara, Faktanya Belum Tentu

Senin, 15 Oktober 2018 07:08 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Pikiran yang menakutkan kerap terlintas ketika bicara tentang kanker payudara. Dokter Spesialis Bedah Onkologi dari RSUP Fatmawati Jakarta, Yadi Permana mengatakan sedikitnya ada tiga hal horor yang membuat orang salah persepsi tentang kanker payudara.

Baca:Sel Kanker yang Tidur Bisa Bangun Lagi karena Gaya Hidup Sembrono

Pertama, pengidap kanker payudara pasti meninggal. Semua orang pasti meninggal dan tidak harus terkena kanker dulu lalu meninggal.

Kedua, payudara penderita kanker payudara harus diangkat. Yadi Permana meluruskan, jika sel kanker terlacak pada stadium awal, pasien menjalani bedah payudara. Tindakan bedah ini hanya mengambil bagian payudara yang terjangkit kanker lalu ditambal dengan menggunakan otot atau jaringan kulit di sekitarnya untuk mempertahankan keindahan bentuk payudara.

dr. M. Yadi Permana SpB (Onk)

"Terakhir, penderita kanker payudara harus menjalani kemoterapi. Ini salah," kata Yadi Permana. Pengobatan kanker payudara itu dilakukan berdasarkan tipe kanker payudara itu sendiri.

Ada 4 tipe kanker payudara berdasarkan tingkat agresivitasnya yakni luminal A, luminal B, her2 positif, dan tripel negatif. Yang paling sedikit pilihan pengobatannya yakni tripel negatif. "Ini sekaligus menjawab asumsi yang menyebut tipe kanker payudara itu sama dengan stadium. Padahal beda," ucap Yadi Permana.

AURA

Artikel lainnya:Demi Kanker Payudara, Serena Williams Rela Tampil Tanpa Busana