Bolehkah Pakai Handuk yang Sama Buat Wajah dan Tubuh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi handuk. shutterstock.com

Ilustrasi handuk. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Supaya praktis saat mandi, biasanya orang menggunakan satu handuk untuk mengeringkan wajah dan tubuh. Mulai sekarang, sebaiknya kebiasaan demi ringkas ini diubah. Gunakan handuk yang berbeda untuk wajah dan tubuh.

Dokter kulit Sejal Shah mengatakan penggunaan handuk yang sama untuk wajah dan tubuh berisiko pada perpindahan bakteri dari tubuh ke wajah ataupun sebaliknya. Terutama kamu yang mengalami infeksi di wajah, pisahkan fungsi handuk untuk wajah dan tubuh.

Baca: Tips Makeup untuk Kulit Wajah Beruntusan

"Bakteri, jamur, sel kulit mati, minyak, dan material lain kemungkinan berkumpul di handuk dan meningkatkan risiko terjadinya infeksi, jerawat dan iritasi," ucap Sejal Shah. Produk perawatan kulit tubuh yang digunakan juga berpotensi pindah ke area wajah karena kebiasaan penggunaan handuk yang sama.

Dok: SrockXpert

Bahan kimia dari produk perawatan tubuh seperti losion, pewangi, dan produk rambut bisa berakibat buruk jika terkena kulit wajah. Zat dari produk kecantikan tubuh tadi berisiko menyumbat pori-pori, menyebabkan masalah kulit, hingga iritasi.

Karena itu, dianjurkan memakai handuk yang terpisah untuk wajah dan tubuh. Ganti handuk sekali setiap pekan dan pastikan handuk dalam keadaan kering sebelum digunakan.

AURA

Artikel lainnya:
Kiat Tatjana Saphira Membuat Wajah Terlihat Bersinar

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."