Bolehkah Pakai Handuk yang Sama Buat Wajah dan Tubuh

Reporter: Tabloid Bintang
Editor: Rini Kustiani
Jumat, 12 Oktober 2018 17:55 WIB
Bolehkah Pakai Handuk yang Sama Buat Wajah dan Tubuh

CANTIKA.COM, Jakarta - Supaya praktis saat mandi, biasanya orang menggunakan satu handuk untuk mengeringkan wajah dan tubuh. Mulai sekarang, sebaiknya kebiasaan demi ringkas ini diubah. Gunakan handuk yang berbeda untuk wajah dan tubuh.

Dokter kulit Sejal Shah mengatakan penggunaan handuk yang sama untuk wajah dan tubuh berisiko pada perpindahan bakteri dari tubuh ke wajah ataupun sebaliknya. Terutama kamu yang mengalami infeksi di wajah, pisahkan fungsi handuk untuk wajah dan tubuh.

Baca: Tips Makeup untuk Kulit Wajah Beruntusan

"Bakteri, jamur, sel kulit mati, minyak, dan material lain kemungkinan berkumpul di handuk dan meningkatkan risiko terjadinya infeksi, jerawat dan iritasi," ucap Sejal Shah. Produk perawatan kulit tubuh yang digunakan juga berpotensi pindah ke area wajah karena kebiasaan penggunaan handuk yang sama.

Dok: SrockXpert

Bahan kimia dari produk perawatan tubuh seperti losion, pewangi, dan produk rambut bisa berakibat buruk jika terkena kulit wajah. Zat dari produk kecantikan tubuh tadi berisiko menyumbat pori-pori, menyebabkan masalah kulit, hingga iritasi.

Karena itu, dianjurkan memakai handuk yang terpisah untuk wajah dan tubuh. Ganti handuk sekali setiap pekan dan pastikan handuk dalam keadaan kering sebelum digunakan.

AURA

Artikel lainnya:
Kiat Tatjana Saphira Membuat Wajah Terlihat Bersinar