Tak Ada Batasan Usia untuk Operasi Plastik tapi Ingat Risikonya

Ilustrasi operasi plastik. Shutterstock

kecantikan

Tak Ada Batasan Usia untuk Operasi Plastik tapi Ingat Risikonya

Selasa, 9 Oktober 2018 07:46 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Operasi plastik menjadi salah satu jalan meningkatkan penampilan secara instan. Dokter bedah plastik yang juga penyanyi, Tompi mengatakan tak ada batasan usia untuk melakukan operasi plastik, asalkan pasien dalam keadaan sehat.

Baca: Ada Rumus Bikin Wajah Tampak Ideal, Mau Tahu?

Di Indonesia, sebagian besar orang yang melakukan operasi plastik berumur lebih dari 17 tahun. Tompi mengatakan mereka yang berumur 100 tahun saja bisa melakukan operasi plastik, yang penting masih sehat.

Tompi. TEMPO/Nurdiansah

Hanya saja, mereka yang sudah berusia lanjut, Tompi menyarankan melakukan tindakan medis itu di rumah sakit ketimbang di klinik. "Di klinik, saya lebih memilih pasien yang relatif kecil risiko komplikasinya karena semakin tua harus semakin hati-hati. Kalau di rumah sakit bisa lebih siap dan lengkap peralatannya," kata Tompi di Klinik Beyoutiful, Jakarta.

Klinik kecantikan, dia melanjutkan, umumnya memilih melakukan perawatan yang lebih cepat dan tidak perlu menginap. Adapun di rumah sakit, pasien bisa menginap dan mendapatkan penanganan lebih intensif.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA

Artikel lainnya:Wajah Ratna Sarumpaet Bengkak Operasi Plastik, Berapa Lama Pulih?