Tak Ada Batasan Usia untuk Operasi Plastik tapi Ingat Risikonya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi operasi plastik. Shutterstock

Ilustrasi operasi plastik. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Operasi plastik menjadi salah satu jalan meningkatkan penampilan secara instan. Dokter bedah plastik yang juga penyanyi, Tompi mengatakan tak ada batasan usia untuk melakukan operasi plastik, asalkan pasien dalam keadaan sehat.

Baca: Ada Rumus Bikin Wajah Tampak Ideal, Mau Tahu?

Di Indonesia, sebagian besar orang yang melakukan operasi plastik berumur lebih dari 17 tahun. Tompi mengatakan mereka yang berumur 100 tahun saja bisa melakukan operasi plastik, yang penting masih sehat.

Tompi. TEMPO/Nurdiansah

Hanya saja, mereka yang sudah berusia lanjut, Tompi menyarankan melakukan tindakan medis itu di rumah sakit ketimbang di klinik. "Di klinik, saya lebih memilih pasien yang relatif kecil risiko komplikasinya karena semakin tua harus semakin hati-hati. Kalau di rumah sakit bisa lebih siap dan lengkap peralatannya," kata Tompi di Klinik Beyoutiful, Jakarta.

Klinik kecantikan, dia melanjutkan, umumnya memilih melakukan perawatan yang lebih cepat dan tidak perlu menginap. Adapun di rumah sakit, pasien bisa menginap dan mendapatkan penanganan lebih intensif.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA

Artikel lainnya:
Wajah Ratna Sarumpaet Bengkak Operasi Plastik, Berapa Lama Pulih?

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."