Ada Rumus Bikin Wajah Tampak Ideal, Mau Tahu?

Reporter: Cantika.com
Editor: Rini Kustiani
Jumat, 10 Agustus 2018 16:00 WIB
Ada Rumus Bikin Wajah Tampak Ideal, Mau Tahu?

CANTIKA.COM, Jakarta - Semakin banyak perempuan yang datang ke dokter kecantikan untuk mendapatkan wajah yang ideal dan proporsional. Dokter kecantikan sebenarnya punya rumus untuk membuat wajah terlihat lebih ideal, dan bukan hanya membuat rahang menjadi lebih tirus atau hidung lebih mancung.

Baca juga:
Punya Kulit Wajah Berpori Besar, Ini Saran dari Dokter Kulit
Siti Badriah Lagi Syantik Tampil Cantik dengan Setrika Wajah

"Sebagai dokter kecantikan, kami belajar rumus matematika untuk wajah yang ideal. Ada hitung-hitungan yang menjadi panduan," kata dokter Lanny Juniarti, Founder dan President Director Miracle Aesthetic Clinic Group di Plaza Senayan, Jakarta, Kamis 9 Agustus 2018.

Kalkulasi untuk wajah ideal itu disebut 'Beauty and The Golden Ratio', hasil riset dokter Stephen Marquardt, seorang ahli bedah asal Amerika Serikat. Stephen Marquardt menyatakan setiap ras, budaya, dan era memiliki bentuk wajah ideal yang berbeda.

dr. Lanny Juniarti, Founder dan President Director Miracle Aesthetic Clinic Group, dan Widy Vierratale, penyanyi, di Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Kamis 9 Agustus 2018. TEMPO/Astari P Sarosa

Sebab itu, sebelum melakukan bedah kecantikan kepada pasien, dokter harus menganalisa dulu seperti apa komposisi wajah sekarang. "Kami punya perbandingan untuk membuat wajah proporsional, tapi setiap orang berbeda wajah idealnya," ucap dokter Lanny. Dia menjelaskan, jika dokter kecantikan tidak memperhitungkan rasio-rasio dalam ilmu estetika dan memperhatikan karakter wajah seseorang, maka hasil dari perawatan tidak akan terlihat alami.

Artikel lainnya:
Widy Vierratale, Walau Tomboi Tetap Perawatan Botox Filler

Untuk membuat wajah terlihat lebih ideal, dokter harus menyesuaikan bentuk wajah pasien dan latar belakangnya. Jangan mencoba mengubah wajah agar terlihat seperti orang dari ras lain, karena hasilnya tidak akan terlihat natural.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA