Tak Semua Beauty Hack Aman, yang Satu Ini Dokter Tak Menganjurkan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi alat make up (mineral makeup). shutterstock.com

Ilustrasi alat make up (mineral makeup). shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Melakukan beauty hack memang menantang dan butuh keberanian. Salah pakai maka makeup malah bisa berantakan dan penampilan jadi aneh. Ternyata bukan itu saja risiko salah menerapkan beauty hack.

Dermatolog dari ID Beauty Clinic Jakarta, dr. Maria Charlotte, B Med Sci., mengatakan, tidak semua beauty hack aman dilakukan. Dia mengingatkan agar wanita cermat dalam menelaah informasi yang beredar terkait isu kecantikan.

"Pertama, jenis kulit wanita berbeda-beda, sehingga belum tentu satu kiat kecantikan cocok untuk setiap kulit," kata Maria Charlotte. Kedua, dia melanjutkan, semua orang bebas mengunggah apa saja di dunia maya termasuk soal kiat kecantikan yang belum diketahui apakah aman atau tidak untuk dilakukan.

Baca: Venus Luncurkan Lip Cream Sehat, Perhatikan Cara Pakainya

Karena itu, Maria Charlotte menyarankan supaya saring dan telaah dulu jika menemukan beauty hack. Kalau perlu, cari referensi apakah kreativitas kecantikan itu berdampak buruk pada kesehatan kulit atau tidak. "Kalau sampai salah, maka kulit bisa iritasi bahkan rusak," kata Maria.

Ilustrasi berdandan atau makeup. shutterstock.com

Salah satu beauty hack yang mesti diwaspadai karena berpotensi iritasi pada kulit adalah menggunakan lipstik sebagai pengganti concealer, perona pipi, atau eye shadow. Concealer digunakan untuk mencerahkan wajah, menyamarkan bintik hitam, bekas jerawat, mata panda, dan urusan minor di bagian tertentu yang mempengaruhi warna serta tekstur kulit.

Kalau kebetulan concealer habis, maka lipstik menjadi alternatif untuk menyamarkan semua kekurangan wajah tadi. Tapi ternyata cara ini berbahaya untuk kulit. "Sama seperti menggunakan lipstik sebagai perona pipi atau eye shadow, memakai lipstik di area selain bibir bisa membuat pori-pori tersumbat," ucap Maria Charlotte.

Formula pada lipstik dengan concealer, perona pipi, dan eye shadow tentu berbeda. Lipstik terdiri dari material yang lebih padat sehingga dapat menyumbat pori-pori dibanding concealer, perona pipi, dan eye shadow. Namun pada lipstik yang memang bisa dipakai untuk fungsi lain, Maria Charlotte mengatakan, artinya kandungan pada lipstik tersebut sudah disesuaikan. "Artinya, ini tidak masalah," kata dia.

AURA

Baca juga:
Karina Nadila Over Dosis Pakai Obat Jerawat, Akibatnya....
Berat Badan Naik Jerawat Bermunculan, Simak Penjelasan Dokter

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."