Resep Ketupat Ketan Santan, Kudapan Sore yang Menggoda

Reporter: Tabloid Bintang
Editor: Yayuk Widiyarti
Minggu, 9 September 2018 15:06 WIB
Resep Ketupat Ketan Santan, Kudapan Sore yang Menggoda

CANTIKA.COM, Jakarta - Kita mungkin hanya mengenal ketupat berbahan beras dan dimakan dengan sayur dan lauk seperti sayur labu siam, sayur pepaya, dan empal. Padahal ada juga ketupat yang terbuat dari santan dan bisa dijadikan kudapan sore hari. Karena itu, cobalah resep ketupat ketan santan ini.

Untuk membuat ketupat bisa menggunakan beras biasa atau juga beras ketan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, baik dari segi rasa maupun ketahanannya saat disimpan.

Resep lain:
Resep Wafel Pisang Almond Kesukaan Anak - anak
Resep Alternatif Roti Pizza, Pakai Wafel
Hadirkan Nuansa Timur Tengah dengan Resep Nasi Kebuli Kambing
Resep Nikmat buat Hari Libur, Mi Ayam Jamur

Ketupat dari beras biasanya relatif lebih tahan lama, terlebih jika proses pemasakannya tepat. Akan tetapi, dari segi rasa, ketupat dari beras biasa tidak memiliki rasa gurih yang lezat seperti pada ketupat ketan.

Jika Anda menginginkan ketupat ketan yang saat proses pemasakannya menggunakan bahan santan, maka perlu diperhatikan dengan benar cara membersihkannya setelah dimasak dan tidak lupa menyimpannya dengan benar, misalnya dengan memasukkannya ke dalam lemari es.

Bahan:

- 1 liter beras ketan, cuci dan tiriskan
- 10 buah kulit ketupat kosong 
- 2 lembar daun pandan
- 1 sdt garam 
- 4 liter santan dari 2 butir kelapa 

Cara membuat:

  1. Isi kulit ketupat kosong dengan beras ketan hingga terisi sepertiga bagian. Rebus dengan santan, garam, dan daun pandan hingga seluruh bagian ketupat terendam. 
  2. Masak hingga matang dan santan mengering, kira-kira 2-3 jam, angkat dan ti Siap disajikan.

TABLOIDBINTANG