Rikako Ikee, Atlet Putri Rebut Medali Terbanyak Asian Games 2018

Reporter: Astari Pinasthika Sarosa
Editor: Rini Kustiani
Senin, 3 September 2018 10:13 WIB
Rikako Ikee, Atlet Putri Rebut Medali Terbanyak Asian Games 2018

CANTIKA.COM, Jakarta - Rikako Ikee, atlet renang asal Jepang dinobatkan sebagai Most Valuable Player atau MVP di Asian Games 2018. Dia menjadi satu-satunya atlet yang merebut medali terbanyak dengan perolehan 6 medali emas dan 2 medali perak.

Baca juga:
Cabang Olahraga Asian Games 2018 yang Diikuti 1 Atlet Perempuan

Perempuan berusia 18 tahun ini meraih emas dalam kompetisi berenang 50 meter gaya bebas, 100 mmeter gaya bebas, 50 meter gaya kupu-kupu, 100 meter gaya kupu-kupu, relay 4 x 100 meter gaya bebas, dan 4 x 100 meter medley. Rikako Ikee juga mendapatkan dua medali perak di 4 x 200 meter gaya bebas dan campuran medley.

Rikako Ikee melampaui rekor medali terbanyak Asian Games yang sebelumnya dipegang oleh atlet menembak asal Korea Utara, So Gin-man, dengan 7 medali emas dan 1 medali perak.

Ketua Komite Seleksi Penghargaan Olympic Council of Asia atau OCA, Raja Randhir Singh mengucapkan selamat kepada Rikako Ikee atas pencapaiannya memecahkan rekor peraih medali terbanyak sehingga mendapat predikat sebagai Most Valuable Player.

Perenang Jepang Rikako Ikee setelah penyerahan medali nomor 50 meter gaya bebas putri Asian Games 2018 di Aquatic Centre GBK, Senayan, Jakarta, Jumat (24/8/2018). Rikako Ikee telah meraih enam emas AG 2018. ANTARA FOTO/INASGOC/Sigid Kurniawan

"Dia bukan hanya atlet wanita pertama yang memenangkan enam medali emas pada satu Asian Games, tapi juga wanita pertama yang menyabet predikat Most Valuable Player dari Olympic Council of Asia," ucap Raja Randhir Singh.

Rikako Ikee merasa terhormat mendapat penghargaan sebagai Most Valuable Player meski sebelumnya dia sempat gundah karena mendengar informasi untuk sementara waktu tidak ada penghargaan tersebut.

"Tapi kemudian ada evaluasi dan predikat ini bisa saya dapatkan. Ini penghargaan yang luar biasa," ucap Rikako Ikee yang mendapatkan hadiah piala dan cek sebesar USD 50 ribu atau sekitar Rp 738 juta, seperti dikutip dari The Japan Times.

Artikel lainnya:
Bos Sariayu Ceritakan Tantangan Makeup Penari di Asian Games 2018