Delegasi Asian Games 2018 Belanja, Apa yang Diborong?

Defile kontingen Cina saat pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno , Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8). INASGOC/Wahyudin

ragam

Delegasi Asian Games 2018 Belanja, Apa yang Diborong?

Senin, 20 Agustus 2018 20:46 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah delegasi Asian Games 2018 berkunjung ke gedung Small Medium Enterprise Cooperative atau Smesco Indonesia sebagai salah satu destinasi wisata belanja pada Minggu, 19 Agustus 2018. Seorang delegasi asal Kazakhstan, Irina membeli sejumlah suvenir berupa baju khas Bali, kopi, dan beberapa cincin untuk oleh-oleh.

Baca juga:Aneka Model Hijab Atlet Putri Afganistan di Asian Games 2018Megahnya Pembukaan Asian Games 2018, Tarian sampai Kostum Garuda

"Saya membeli baju ini buat cucu," kata Irina yang bertugas sebagai fisioterapis atlet yudo Kazakhstan di Gedung Smesco, Pancoran, Jakarta Selatan. Selama sekitar 1 jam Irina berkeliling melihat-lihat dan membeli sejumlah produk kerajinan tangan dari berbagai daerah di Indonesia.

Irina mengaku puas dengan beragam produk yang tersedia beserta harga yang cukup terjangkau. "Ini tempat yang bagus untuk dikunjungi. Saya akan mengajak tim official lainnya ke sini," ujar Irina.

Di hari yang sama, delegasi Tiongkok yang terdiri dari seorang official dan atlet non peserta Asian Games 2018 juga berbelanja di gedung Smesco. Di antara mereka ada yang memborong gelang perak celuk asli Bali, sedangkan yang lainnya membeli pernak-pernik khas Asian Games.

Gedung Smesco menjadi satu dari empat destinasi wisata belanja bagi delegasi Asian Games 2018. Tiga destinasi wisata belanja lainnya adalah Grand Indonesia, Senayan City, dan Plaza Senayan. Inasgoc juga menunjuk Smesco Indonesia sebagai agen penjualan resmi berbagai cenderamata Asian Games 2018.

Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah atau LLP-KUKM, Emilia Suhaimi mengatakan para delegasi Asian Games 2018 bisa datang ke gedung Smesco dengan menumpang bus khusus yang telah disediakan oleh Inasgoc. "Bus ini berangkat dari wisma atlet setiap 15 menit sekali," kata dia.