Aneka Model Hijab Atlet Putri Afganistan di Asian Games 2018

Ilustrasi wanita hijab olahraga di gym. muslimobserver.co

kecantikan

Aneka Model Hijab Atlet Putri Afganistan di Asian Games 2018

Senin, 20 Agustus 2018 18:45 WIB
Reporter : Astari Pinasthika Sarosa Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Perhelatan olahraga Asian Games 2018 telah dimulai di Jakarta dan Palembang, Indonesia. Sebanyak 45 negara Asia dengan lebih dari 11 ribu atlet mengikuti kompetisi yang berlangsung sampai 2 September 2018 ini.

Baca juga:Cerita Isyana Sarasvati Saat Bikin Lagu Asian Games 2018Megahnya Pembukaan Asian Games 2018, Tarian sampai Kostum Garuda

Setiap negara menunjukkan atlet andalannya di berbagai cabang olahraga, termasuk Afganistan. Negara yang terletak di timur tengah ini memboyong atlet putri dan putranya untuk ikut bertanding.

Afganistan sebagai negara muslim yang cukup ketat dengan peraturan menggunakan hijab, mengutus 9 atlet putri andalan ke Asian Games 2018, dan 7 di antaranya memiliki gaya hijab berbeda. Mereka adalah Farzana Akbari, Hamida Asadi, Latifa Haidare, dan Shafiqa Mogul untuk cabang olahraga karate.

Ada pula Arifa Sanjar dan Fatma Sultani di cabang olahraga Ju Jitsu, Loda Hazoori dan Hezare Faride di cabang olahraga paralayang, dan Saidi Ramzia di cabang olahraga kurash.

(dari kiri) Atlet putri Afganistan di Asian Games 2018 antara lain Fatima Sultani (Ju Jitsu), Farzana Akbari (Karate), Hamida Asadi (Karate), dan Lida Hazoori (Paralayang). Laman Asian Games 2018

Fatima Sultani, 18 tahun, menerapkan gaya hijab yang sederhana dan memilih warna hitam polos. Adapun Arifa Sanjar dan Shafiqa Mogul lebih leluasa bermain warna dan motif hijab, yakni pink dan garis-garis hitam. Sementara Liza Hazoori, Saidi Ramzia, Hamida Asadi, dan Farzana Akbari memakai kerudung dengan sedikit rambut yang tersembul di bagian dahi.

Ada satu lagi atlet putri dari Afganistan yang menarik perhatian publik karena menjadi satu-satunya atlet putri dari Afganistan yang bertanding di Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil. Dia adalah Kimia Yousufi, namun dia tak ikut serta di Asian Games 2018 ini.

Saat Olimpiade 2016, Kimia Yousufi bertanding di ajang lari 100 meter. Di arena olahraga, Kimi Yousufi mengenakan hijab seperti jilbab hitam ninja yang pas di kepala agar nyaman saat berlari.

Artikel lainnya: 3 Fakta Tentang Atlet Lindswell Kwok Selain Urusan Wushu