5 Sinyal Anak Kelebihan Asupan Garam

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi anak makan junk food. shutterstock.com

Ilustrasi anak makan junk food. shutterstock.com

IKLAN


3. Tekanan darah tinggi
Penelitian yang dipublikasikan Ikatan Dokter Keluarga di Amerika Serikat menunjukkan sebanyak 7 persen dari anak berusia 3 hingga 18 tahun di Amerika pernah mengalami prahipertensi dan hipertensi. Sama seperti orang dewasa, hipertensi pada anak sering kali tidak disadari.

Anak mungkin tidak merasakan gejalanya dan orang tua juga tidak melihat tanda-tandanya. Namun ketika tekanan darah terus meningkat, pembuluh darah arteri menebal dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Periksa ke dokter untuk mengetahui berapa tekanan darah anak.

4. Urine berwarna gelap
Urine yang normal berwarna bening dan tidak berbau menyengat. Orang tua patut waspada jika urine anak berwarna kuning pekat dan berbau menyengat. Urine berwarna kuning gelap dengan bau yang tajam adalah tanda paling umum pada orang yang kelebihan natrium, termasuk pada anak.

5. Obesitas
Bukan cuma gula, kondisi obesitas juga bisa terkait dengan asupan garam berlebih. Orang tua perlu mewaspadai peningkatan berat badan yang disebabkan makanan asin. Caranya dengan memonitor apa saja makanan yang disantap anak dan perhatikan kadar garamnya.

AURA

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."