Yang Suka Makanan Korea, Kamu Dapat Sumber Probiotik Alami

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi yoghurt/yogurt. Pixabay.com

Ilustrasi yoghurt/yogurt. Pixabay.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Makanan Korea kimchi bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan asupan probiotik selain yoghurt, terutama buat kamu yang alergi protein susu.

Kimchi yang terbuat dari sawi, kol, atau lobak yang difermentasi oleh bakteri lactic acid ini kaya probiotik. Rasa kimchi yang asam dan pedas enak dimakan bersama nasi dan lauk.

ilustrasi kimchi (pixabay.com)

Probiotik bermanfaat melancarkan pencernaan, menambah energi, menjaga kesehatan kulit, dan memperkuat daya tahan tubuh. Selain kimchi, berikut ini beberapa asupan makanan yang mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan:

- Tempe
ilustrasi tempe. doctortempeh.com
Lauk berbahan kedelai khas Indonesia ini juga mengandung probiotik. Selain itu, tempe juga kaya protein. Setiap potong tempe bisa mengandung hingga 20 gram protein.

- Acar
Ilustrasi acar. shutterstock.com
Acar yang biasanya menjadi pendamping nasi goreng, mie goreng, atau isian burger ini juga merupakan sumber probiotik. Walau sehat karena mengandung probiotik, acar biasanya memiliki kandungan garam yang tinggi.

- Cuka apel
Ilustrasi cuka apel. shutterstock.com

Hasil fermentasi dari buah apel ini kaya probiotik dan bisa membantu memelihara kesehatan tubuh jika dikonsumsi dengan benar. Jangan meminum cuka apel secara langsung karena rasanya sangat asam.

Campurkan cuka apel pada minuman atau makanan lain, misalnya cuka apel sebagai dressing salad yang dicampur dengan minyak zaitun.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."