Yang Suka Makanan Korea, Kamu Dapat Sumber Probiotik Alami

Ilustrasi yoghurt/yogurt. Pixabay.com

kesehatan

Yang Suka Makanan Korea, Kamu Dapat Sumber Probiotik Alami

Jumat, 27 Juli 2018 17:00 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Makanan Korea kimchi bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan asupan probiotik selain yoghurt, terutama buat kamu yang alergi protein susu.

Kimchi yang terbuat dari sawi, kol, atau lobak yang difermentasi oleh bakteri lactic acid ini kaya probiotik. Rasa kimchi yang asam dan pedas enak dimakan bersama nasi dan lauk.

ilustrasi kimchi (pixabay.com)

Probiotik bermanfaat melancarkan pencernaan, menambah energi, menjaga kesehatan kulit, dan memperkuat daya tahan tubuh. Selain kimchi, berikut ini beberapa asupan makanan yang mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan:

- Tempeilustrasi tempe. doctortempeh.comLauk berbahan kedelai khas Indonesia ini juga mengandung probiotik. Selain itu, tempe juga kaya protein. Setiap potong tempe bisa mengandung hingga 20 gram protein.

- AcarIlustrasi acar. shutterstock.comAcar yang biasanya menjadi pendamping nasi goreng, mie goreng, atau isian burger ini juga merupakan sumber probiotik. Walau sehat karena mengandung probiotik, acar biasanya memiliki kandungan garam yang tinggi.

- Cuka apelIlustrasi cuka apel. shutterstock.comHasil fermentasi dari buah apel ini kaya probiotik dan bisa membantu memelihara kesehatan tubuh jika dikonsumsi dengan benar. Jangan meminum cuka apel secara langsung karena rasanya sangat asam.

Campurkan cuka apel pada minuman atau makanan lain, misalnya cuka apel sebagai dressing salad yang dicampur dengan minyak zaitun.

TEEN