Manfaat Cabai untuk Kesehatan, Mengurangi Pegal dan Sakit Kepala

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ekspresi seorang peserta melahap cabai dalam kompetisi memakan cabai di Ningxiang, Cina, Ahad, 8 Juli 2018. Lomba unik ini dimenangkan oleh Tang Shuaihui, seorang penduduk lokal. China News Service/Yang Huafeng

Ekspresi seorang peserta melahap cabai dalam kompetisi memakan cabai di Ningxiang, Cina, Ahad, 8 Juli 2018. Lomba unik ini dimenangkan oleh Tang Shuaihui, seorang penduduk lokal. China News Service/Yang Huafeng

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Cabai selain digunakan untuk bahan masakan, ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kebanyakan ibu rumah tangga bahkan memilih untuk menanam tanaman cabainya sendiri di pekarangan rumahnya. Hal ini karena tanaman cabai memiliki ukuran yang kecil dan cenderung mudah beradaptasi.

Baca juga:
Makan Cabai Rawit Hijau, Sehat dan Bikin Melek


Sering Sakit Kepala karena Lapar, Kenali Gejala dan Penyebabnya

Meski begitu, cabai dihindari oleh banyak orang karena rasa pedas dan diyakini dapat mendatangkan berbagai penyakit saat dikonsumsi secara berlebihan. Padahal cabai memiliki banyak kandungan yang mampu mendukung kesehatan tubuh, yaitu zat kapsaikin, kapsisidin, vitamin A, serta vitamin C.

Cabai kaya akan vitamin! (dok. unsplash)
(dok. unsplash)

Dari kandungan-kandungan tersebut, ada 8 manfaat cabai yang paling utama dan bisa menjadi alasan kamu untuk mengkonsumsi cabai:

1. Meningkatkan imunitas
2. Menurunkan berat badan
3. Mengatasi diabetes
4. Menyehatkan pencernaan
5. Meredakan rasa sakit
6. Mengurangi rasa sakit kepala
7. Mengurangi rasa pegal
8. Melancarkan pernafasan

Baca juga:
2 Jenis Diet yang Sekaligus Mencegah Penyakit Kronis
Aneka Diet Berbasis Puasa, Sanggup?

Melihat dari manfaat-manfaat dari cabai, tentu kita tahu kalau cabai merupakan salah satu makanan yang sebenarnya sangat baik untuk kesehatan. Namun, dengan semakin banyaknya makanan yang mengolah cabai, justru merusak manfaat dari cabai itu sendiri dan bahkan beresiko mendatangkan berbagai gangguan kesehatan.

Sebab itu, sekalipun terlihat hal kecil, hati-hati dalam memilih cabai yang ingin dikonsumsi dan ketahui batas kemampuan tubuh dalam mengkonsumsi cabai. Jangan sampai kalian mengkonsumsi cabai dalam jumlah tidak wajar dan justru menyebabkan penyakit.

TEEN                                                                                                           

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."