Makan Cabai Rawit Hijau, Sehat dan Bikin Melek

Petani cabai rawit merawat kebunnya agar terhindar dari penyakit di Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. TEMPO/Prima Mulia

Kesehatan

Makan Cabai Rawit Hijau, Sehat dan Bikin Melek

Kamis, 11 Januari 2018 19:00 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Rini Kustiani

TEMPO.CO, Jakarta - Kamu yang suka makan berbagai camilan gurih dengan cabai rawit ternyata sudah sama seperti menenggak suplemen kesehatan. Di sini, tentu bukan tahu yang dimaksud seperti suplemen, melainkan cabai rawit hijau.

Baca juga:5 Cara Alami Ini Ampuh Redakan Flu

Selain bikin melek karena rasa pedasnya yang menggigit, berikut beberapa kandungan yang bikin cabai rawit hijau menjadi makanan super, seperti dikutip dari Healthyeating:

1. Vitamin ASetengah cangkir atau sekitar 75 gram cabai rawit hijau dapat mencukupi sekitar 30 persen kebutuhan harian vitamin A pada pria dewasa, atau sekitar 38 persen kebutuhan harian vitamin A pada wanita dewasa. Seperti kita ketahui, vitamin A berguna untuk kesehatan mata dan mendukung daya tahan tubuh.

Ilustrasi cabai rawit. Depositphotos

2. Vitamin CCabai rawit hijau mengandung vitamin C yang berfungsi memproduksi kolagen untuk menyembuhkan luka dan menguatkan tulang. Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam vitamin C pada cabai rawit hijau mencegah radikal bebas yang dapat merusak DNA.

3. CapsaicinSemakin pedas cabai, semakin tinggi kadar capsaicin-nya. Skala Scoville Heats Unit, lembaga yang mengukur kadar kepedasan dan capsaicin dalam cabai di seluruh dunia, menempatkan cabai rawit hijau pada angka 50 hingga 2.500 SHU. Sedangkan angka tertinggi skala SHU adalah 15 juta.

Petani memetik cabai rawit matang di sentra pertanian Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, 6 Januari 2017. TEMPO/Prima Mulia

Capsaicin berguna untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Meski baru prediksi dan perlu penelitian lebih lanjut, kabar ini tentu menggembirakan bagi pecinta makanan pedas.

AURA