Ampuhnya Antioksidan dari Vitamin C buat Kecantikan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi wanita makan sayur. shutterstock.com

Ilustrasi wanita makan sayur. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kulit wajah cerah dan kencang adalah dambaan banyak wanita. Kecantikan kulit tak hanya bertumpu pada perawatan berteknologi canggih. Berbagai macam vitamin, termasuk vitamin C yang menjadi primadona, berperan penting bagi keindahan kulit wajah.

Dr Agnes Riyanti Inge Permadhi, SpGK, dokter spesialis gizi dari MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Jakarta Selatan, berbagi jenis makanan apa saja yang kaya vitamin C dan baik bagi kecantikan.

Radikal bebas dari polusi udara, asap rokok, dan paparan sinar matahari tanpa disadari merusak sel-sel dan jaringan tubuh dalam jangka waktu tertentu. Ini melemahkan daya tahan tubuh.  Kulit menjadi kering, kusam, dan membuat kita terlihat lebih tua daripada usia sesungguhnya. 

Salah satu cara menangkal radikal bebas adalah dengan mengonsumsi vitamin C karena mengandung antioksidan, yakni senyawa yang melindungi sel-sel tubuh kita dari efek radikal bebas.

Artikel lain:
7 Buah Berkalsium Tinggi
Nutrisi Super dari Pisang yang lagi Tren
Atasi Rambut Rontok dengan 7 Menu Ini

“Antioksidan paling baik kita dapatkan dari sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Saat kita mengonsumsi makanan bergizi tinggi, tubuh sehat. Saat tubuh sehat, kulit akan terlihat indah,” kata dokter spesialis gizi yang akrab disapa Inge ini. 

Salah satu sayur yang kaya antioksidan adalah brokoli. “Makanlah seperti orang zaman dulu makan. Tidak terlalu banyak diolah, tidak menggunakan banyak bumbu, sehingga vitamin bisa Anda serap sepenuhnya,” tuturnya. 

Untuk buah, Anda bisa memilih kiwi, stroberi, jambu biji, jeruk, tomat, apel, pir, atau pepaya.

“Untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan antioksidan, kita perlu mengonsumsi buah-buahan pagi, siang, dan malam mengikuti jam makan. Di sela-sela antara jam makan pagi dan siang serta jam makan siang dan malam, sebaiknya juga mengonsumsi buah,” ucap Inge. 

Selain itu, bagi yang suka mengudap, gantilah dengan buah-buahan atau kacang-kacangan yang mengandung antioksidan, seperti kacang kedelai, kenari, atau almond.

“Intinya, jalankan pola makan sehat jika menginginkan kulit wajah yang segar, cerah, dan kencang,” katanya. 

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."