Survey: Penonton Wanita Piala Dunia 2018 Lebih Banyak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Suporter wanita Iran memberikan dukungan kepada tim kesayangannya saat melawan Spanyol dalam pertandingan Grup B Piala Dunia 2018 di Kazan Arena, Kazan, Rusia, 21 Juni 2018. REUTERS/Jorge Silva

Suporter wanita Iran memberikan dukungan kepada tim kesayangannya saat melawan Spanyol dalam pertandingan Grup B Piala Dunia 2018 di Kazan Arena, Kazan, Rusia, 21 Juni 2018. REUTERS/Jorge Silva

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ajang Piala Dunia 2018 yang sedang berlangsung di Rusia mencuri perhatian seluruh penggemar sepak bola. Namun para penontonnya tidak hanya datang dari kaum pria, tapi juga kaum wanita. Bahkan menurut penelitan, wanita yang menonton Piala Dunia lebih banyak dibanding jumlah sebelumnya. 

Berdasarkan data yang dilansir dari Independent, ada jutaan penonton wanita yang menonton ajang Piala Dunia 2018. Para wanita ini tidak hanya yang menikmati penonton secara langsung di stadion. Tetapi, banyak dari wanita yang berada di rumah juga tertarik dan ikut mendukung para pemain melalui layar kaca mereka.

Baca juga:

Piala Dunia 2018, Kian Banyak Penonton Wanita Nyaman ke Stadion

Piala Dunia 2018 Jadi Tonggak Kebebasan Wanita Iran Nonton Bola

Dari sebuah hasil survey, setidaknya lebih dari setengah dari 1.500 wanita mengatakan, mereka menonton pertandingan Piala Dunia 2018 setiap hari. Hampir satu dari lima wanita mengatakan mereka lebih bersemangat tentang Piala Dunia daripada pasangan mereka. Lebih dari satu dari 10 wanita bahkan menghadapi permintaan dari suami atau pacar mereka untuk mengubah saluran sehingga mereka dapat menonton sesuatu yang lain.

Eskpresi suporter wanita Tunisia saat akan menyaksikan pertandingan Grup G Piala Dunia 2018 antara Tunisia versus Belgia di Stadion Spartak, Moskow, Rusia, 23 Juni. REUTERS/Carl Recine

Tidak hanya itu, sebuah jajak pendapat terpisah mengatakan dari 500 anak perempuan berusia antara 6-16 tahun memiliki cita-cita yang unik soal sepak bola. Sebanyak 22 persen anak wanita memilih untuk menjadi pemain sepak bola. Ini jauh lebih besar dibanding keinginan anak perempuan menjadi istri atau pacar para pemain sepak bola atau WAGs, yang memilki persentase sebesar 9 persen saja.

Pada studi ini juga ditemukan ada sebanyak 57 persen wanita percaya jika ke depannya harus lebih banyak pakar perempuan yang menganalisis pertandingan Piala Dunia. Namun, 44 persen responden percaya bahwa sepakbola adalah olahraga yang bersifat seksis, meskipun tiga perempat merasa ada beberapa langkah telah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir untuk membuat sepakbola lebih inklusif bagi perempuan.

Baca juga:

Dampak Terlalu Banyak Nonton Piala Dunia, Awas Serangan Jantung
Piala Dunia 2018 Bikin Kamu dan Pacar Berantem karena Beda Fans

Suporter wanita Tunisia berada di stadion saat akan menyaksikan pertandingan Grup G Piala Dunia 2018 antara Tunisia versus Belgia di Stadion Spartak, Moskow, Rusia, 23 Juni. REUTERS/Christian Hartmann

Sepertiga dari wanita yang disurvei secara aktif mengikuti Liga Premier atau tim Liga Sepakbola Inggris, dengan 20 persen memegang tiket musiman untuk menonton pertandingan secara rutin. Tetapi sayangnya, 46 persen dari mereka mengatakan mereka tidak merasa diberdayakan untuk memiliki pendapat tentang sepak bola.

YATTI FEBRI NINGSIH

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."