Kembali Bekerja usai Libur Lebaran, Ada Tipsnya agar Tidak Stres

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi wanita karier atau bekerja. shutterstock.com

Ilustrasi wanita karier atau bekerja. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Libur Lebaran akan segera berakhir dalam beberapa hari lagi. Setelah itu semua orang akan kembali pada rutinitas mereka biasanya, yaitu bekerja. Hal ini kemudian akan membuat beberapa orang merasa stres saat harus kembali bekerja pasca libur panjang.

Banyak faktor yang membuat Anda menjadi stres pada hari pertama bekerja, salah satunya ialah pekerjaan menumpuk yang telah menanti. Namun tak perlu khawatir, ada 9 cara yang bisa dilakukan di hari pertama kembali bekerja dengan nyaman tanpa stres.

Artikel lainnya:

Zaskia Adya Mecca Curhat Stress karena Bisnis Laris Manis
Sekolah Khusus Mode Muslim di Indonesia Islamic Fashion Institute
Misi Label Kate Spade Tak Cuma Urusan Fashion


Bukti Ria Ricis Cocok Jadi Ratu Squishy

Mengutip laman Bustle, berikut yang bisa Anda lakukan di hari pertama kembali ke kantor.

1. Datang lebih awal
Pada hari pertama Anda kembali bekerja, lakukan yang terbaik untuk tiba di tempat kerja lebih awal. Ini akan memberi Anda waktu untuk mencerna fakta bahwa Anda tidak lagi berlibur, dan itu akan memungkinkan waktu untuk membaca email. Selain itu, dengan datang lebih awal bisa mencari alasan dan jawaban saat rekan kerja bertanya bagaimana perjalanan libur panjang Anda.

2. Bersihkan tumpukan file atau kertas
Meskipun Anda membersihkan meja sebelum Anda pergi berlibur, kemungkinan masih ada tumpukan surat, file, dan kertas. Daripada mengabaikan tumpukan itu, akan lebih baik untuk memprosesnya. Setidaknya semua tumpukan yang berpotensi membuat stress Anda telah meghilang dari pandangan Anda.

3. Jangan jadwalkan pertemuan apapun
Jika Anda bisa, cobalah untuk tidak menjadwalkan sesuatu yang terlalu berat - seperti rapat di luar kantor untuk beberapa hari pertama Anda kembali ke kantor. Sebab, akan ada banyak tumpukan email serta pekerjaan yang harus Anda selesaikan selama ditinggal pergi. Jika menjadwalkan pertemuan di luar justru akan membuat Anda bertambah stres. 

4. Selesaikan pekerjaan perlahan
Sementara Anda membereskan pekerjaan yang menumpuk, jangan mengambil sesuatu yang baru untuk beberapa hari pertama. Manfaatkan hari pertama bekerja untuk melakukan tugas rutin serta mengejar apa yang telah dilewatkan. Cobalah untuk tidak mengambil tugas dan proyek baru pada hari pertama kembali bekerja sehingga Anda tidak menempatkan terlalu banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. 

5. Jaga kebiasaan
Jika Anda sudah makan siang yang lezat selama seminggu terakhir, manjakan diri Anda dengan sesuatu yang serupa pada hari pertama Anda kembali di tempat kerja. Makan siang di restoran eksotis terdekat dengan kantor, mungkin membantu meringankan transisi dari masa liburan ke pekerjaan.

Ilustrasi wanita percaya kerja saat bekerja di kantor. shutterstock.com

6. Jangan Terbebani Dengan Email
Setelah masa liburan, mungkin Anda telah mengabaikan banyak email. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengabaikan tanggal, dan bukannya mengurutkan berdasarkan subjek atau pengirim. Ide di balik ini adalah bahwa Anda lebih tertarik untuk mencari tahu apa yang terjadi saat pergi, bukan ketika hal-hal terjadi. Ini juga dapat mempermudah penghapusan email.

7. Buat daftar prioritas
Setelah masa libur panjang dan kembali bekerja yang sering terjadi ialah Anda kebingungan soal apa yang harus dilakukan. Jika ini terjadi, akan sangat membantu untuk menuliskan semua yang harus dilakukan. Setelah itu, kemudian urutkan pekerjaan mana yang menjadi prioritas dan harus diselesaikan lebih dulu. Cobalah ini pada hari pertama Anda kembali ke kantor, dan semoga semuanya akan lebih mudah dikerjakan.

8. Bekerja Tepat Waktu
Apa pun yang Anda lakukan, tahan dorongan untuk mengejar pekerjaan satu minggu dalam satu hari, karena itu tidak mungkin. Pastikan untuk meninggalkan kantor tepat waktu. Atur timer atau pengingat, jika perlu, untuk membantu mengingatkan Anda.

9. Pulanglah dan tidur
Anda mungkin akan merasa sangat lelah ketika kembali dari liburan, entah itu karena jet lag, atau terlalu bersenang-senang. Jadi, pastikan Anda cukup tidur. Ini akan membantu Anda kembali sesuai jadwal, dan membuat hari kerja terasa jauh lebih mudah.

YATTI FEBRI NINGSIH

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."