Jangan Takut Kelaparan, Ini yang Dipelajari Anak ketika Berpuasa

Ilustrasi anak kecil berpuasa. parenthub.com.au

keluarga

Jangan Takut Kelaparan, Ini yang Dipelajari Anak ketika Berpuasa

Sabtu, 26 Mei 2018 18:13 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Ketika anak mulai belajar berpuasa, kekhawatiran terbesar orang tua biasanya seputar kemampuan anak menahan lapar. Rasa lapar itu bukan musuh untuk anak.

Biarkan anak mengenal rasa lapar karena ini bagian penting dari pertumbuhan anak yang menentukan kebiasaan makan sehat mereka. Belajar berpuasa akan membantu anak dalam mengenali rasa lapar dan kenyang juga

Ternyata, permasalahan makan pada anak, yang meliputi pilih-pilih makanan atau tidak bisa berhenti makan, berpangkal pada kurangnya penerapan disiplin waktu makan serta ketidakmampuan mengenali rasa lapar dan kenyang.

“Perilaku makan yang sulit, seperti pilih-pilih atau menolak makanan, mungkin terjadi karena anak disodori makanan sepanjang hari. Bahkan anak pilih-pilih makanan mungkin karena sebenarnya mereka sudah kenyang,” ungkap Sally Kuzemchak, MS, RD, pakar diet bersertifikat dan pengasuh blog Real Mom Nutrition asal Amerika Serikat.

Ketika makan dalam keadaan benar-benar lapar, anak cenderung reseptif dan mau mencoba banyak pilihan makanan, termasuk sayuran. 

AURA

Artikel terkait:3 Cara Kreatif Agar Anak Semangat Puasa Ramadan 2018Tips Merawat Kulit agar Tak Kering Selama Puasa Ramadan