3 Cara Kreatif Agar Anak Semangat Puasa Ramadan 2018

Reporter: Cantika.com
Editor: Yunia Pratiwi
Senin, 14 Mei 2018 18:45 WIB
3 Cara Kreatif Agar Anak Semangat Puasa Ramadan 2018

CANTIKA.COM, Jakarta - Puasa ramadan 2018 tinggal hitungan hari. Para orang tua ingin mengajak anak merasakan sukacita menyambut ramadan. Hal yang penting adalah memberikan semangat kepada anak-anak untuk berpuasa dan melakukan ibadah yang berbeda dari biasanya.

Mengutip laman Productive Muslim, ada beberapa yang dapat dilakukan untuk membuat anak semangat menyambut bulan Ramadan. 

1. Dekorasi
Dekorasi mengingatkan semua orang yang memasuki rumah bahwa ini adalah waktu yang spesial. Banyak hal yang dapat dilakukan, dan tidak perlu mahal. Contohnya, menghiasi jendela dengan pesan Ramadan atau memiliki lilin beraroma khusus yang dinyalakan setiap malam, saat Maghrib. Ajak juga anak-anak untuk membantu mendekorasi satu atau dua hari sebelum bulan Ramadan dimulai.

2. Kalender Ramadan
Menandai hari-hari Ramadan adalah hal yang sangat menyenangkan untuk anak-anak. Kalender sederhana yang bisa dibuat untuk anak-anak dengan membuat kantong-kantong kecil, di mana setiap kantong memiliki nomor hari, sebanyak 30 kantong sesuai jumlah hari di bulan Ramadan. Dalam kantong bisa ada pesan motivasi atau makanan kecil favorit anak-anak. Mereka tidak diperbolehkan untuk mendapatkan catatan atau camilan sampai waktu Maghrib, agar mereka semangat untuk melakukan puasa penuh.

3. Rencanakan tujuan Ramadan
Bisa dengan membuat daftar atau catatan spesifik, pikirkan hal-hal yang ingin dilakukan atau diselesaikan di bulan Ramadan. Anak-anak harus didorong untuk memiliki tujuan selama bulan puasa, agar mereka belajar untuk bisa produktif. Sebagai orang tua, penting untuk menjelaskan kepada anak-anak mengapa tujuan Ramadan penting. Perhatikan juga bila mereka sudah melakukan hal-hal yang ada di tulisan mereka atau belum selama bulan Ramadan.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA