Menu Sahur Ini Bikin Kamu Cepat Haus dan Lapar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi makan sahur. TEMPO/Aditia Noviansyah

Ilustrasi makan sahur. TEMPO/Aditia Noviansyah

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Baru sekitar empat jam puasa, tubuhmu sekarang sudah terasa lemas. Rasa haus dan lapar kian mendera sampai kamu berpikir mampukah menunaikan puasa hingga azan magrib berkumandang petang nanti?

Baca juga:
Mulut Kering, Penyebab Bau Mulut Tak Sedap saat Berpuasa
Buka Puasa dengan Sayur dan Buah Ini, Kulit Segar Badan Sehat

Kalau kamu mengalami kejadian ini, coba cek apa yang kamu santap saat sahur tadi. Sebab, asupan nutrisi saat sahur menjadi kunci pasokan energi untuk beraktivitas selama berpuasa sepanjang hari. Dan jangan anggap sepele dehidrasi saat puasa.

Dilansir Sooperchef, ada beberapa makanan yang harus dihindari saat sahur. Tidak hanya karena makanan tersebut tidak sehat, tapi juga bisa berbahaya untuk kesehatan saat sedang berpuasa. Kalaupun tidak sampai lemas, asupan makanan yang keliru ketika sahur bisa bikin perutmu tidak nyaman. Berikut ini minuman dan makanan yang harus dihindari saat sahur.

1. Minum kopi dan minuman bersoda

Ilustrasi kopi. shutterstock.com
Banyak orang yang merasa perlu minum kopi setiap hari untuk memberi energi selama beraktivitas. Ketika puasa, kopi biasanya diminum saat sahur. Namun kebiasaan ini sebaiknya dihindari. Kopi, minuman panas, dan minuman bersoda tidak boleh dikonsumsi saat sahur karena mengandung kafein yang memicu hilangnya cairan tubuh dengan cepat, sehingga mengakibatkan haus.

2. Makanan asin dan pedas
Ilustrasi keripik kentang. Shutterstock
Hindari makanan asin dan pedas karena akan membuat kamu kehausan sepanjang hari. Selain itu, hindari makanan seperti keripik, kacang asin, dan makanan olahan saat sahur karena akan berdampak serupa.

Artikel terkait:
Buka Puasa dengan Es Teh Rasa Campur Aduk, Ini Resepnya

3. Makanan sangat manis
Donat yang berbentuk kepada Hello Kitty, disajikan untuk pengunjung yang ingin merasakan berada di dalam rumah Hello Kitty di sebuah restaurant di Shanghai, China, 9 April 2016. REUTERS
Cobalah untuk tidak menyantap makanan yang mengandung gula dalam jumlah banyak, seperti permen dan donat. Makanan tersebut dapat membuat perut cepat kenyang, tapi kamu akan cepat lapar tiga-empat jam setelahnya.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."