Buka Puasa dengan Sayur dan Buah Ini, Kulit Segar Badan Sehat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Buah dan sayuran

Buah dan sayuran

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Puasa Ramadan membuat tubuh kekurangan asupan cairan selama lebih dari 12 jam. Waktu tidur juga berubah karena mesti bangun untuk santap sahur sekitar pukul 03.00 atau 04.00 pagi dan melakukan ibadah salat tarawih di malam hari.

Baca juga:
Buka Puasa dengan Es Teh Rasa Campur Aduk, Ini Resepnya
Menu Buka Puasa dan Sahur Ayu Ting Ting yang Murah Meriah

Kekurangan cairan, kurang tidur, ditambah cuaca panas yang menyengat selama berpuasa memicu kulit menjadi kering dan kusam. Agar kulit tetap sehat dan tubuh segar, kamu tidak hanya memerlukan pelembap ekstra, tapi juga mempertimbangkan jenis makanan yang dikonsumsi saat sahur dan buka puasa. Jawabannya, jelas buah dan sayur karena mengandung banyak air, antioksidan, vitamin, dan mineral.

Berikut jenis buah dan sayur yang sebaiknya disantap saat sahur dan buka puasa agar kulit tetap terhidrasi dan tubuh bugar.

1. Brokoli
Brokoli, baik ditumis maupun sekadar dikukus, memiliki khasiat yang besar untuk kecantikan dan kesehatan. Brokoli tak hanya kaya antioksidan menjaga kelembapan kulit, namun juga bisa menjadi tabir surya alami karena mengandung sulforafan yang memberi kekebalan pada kulit dari kerusakan akibat terpapar sinar ultraviolet. Lebih dari itu, vitamin C dan E pada brokoli membantu produksi kolagen sehingga kulit senantiasa segar.

2. Bayam
Konsumsi bayam saat sahur maupun berbuka juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Kandungan air, antioksidan, vitamin C, A, dan K pada bayam dapat mengganti kekurangan air dalam tubuh selama berpuasa. Cukup diolah menjadi sayur bayam bening sudah memberi kekuatan bagi tubuh dan kesegaran bagi kulit.

3. Lobak
Lobak, khususnya lobak putih, kaya akan air, vitamin C, dan antioksidan yang menjaga elastisitas dan kesegaran kulit. Pertimbangkanlah untuk mengkonsumsi lobak saat buka puasa, baik sebagai lalap atau diolah dalam bentuk tumisan dan sup.

4. Tomat
Tomat mengandung air, antioksidan, dan vitamin C yang mendorong produksi kolagen sehingga kulit terjaga kelembapannya. Saat sahur atau berbuka, konsumsilah potongan buah tomat atau campuran irisan tomat dengan sayuran lain.

Artikel terkait:
Menu Buka Puasa Ramadan yang Dianjurkan Ahli Gizi

5. Timun suri
Timun suri menjadi primadona di bulan puasa khususnya saat berbuka. Sebab buah yang satu ini mengandung antioksidan, vitamin C, serat, dan air yang melimpah, yang menyegarkan tubuh dan kulit. Jika ingin menyantap timun suri sebagai es buah, hindari pemakaian gula berlebih karena dapat merusak produksi kolagen dalam kulit, sehingga mengurangi elastisitas, memicu kulit, kering, keriput, dan kusam.

6. Semangka
Mengandung 90 persen air, semangka harus masuk dalam daftar menu sahur dan buka puasa. Berbuka dengan potongan buah semangka akan mengembalikan energi tanpa harus mengonsumsi hidangan manis berlebihan. Adapun konsumsi semangka saat sahur mampu mencukupi cadangan air pada tubuh, sehingga kulit tidak kering.

7. Pepaya
Buah pepaya juga baik dikonsumsi saat sahur maupun berbuka. Kandungan air dan vitamin C yang tinggi pada pepaya mampu mengatasi masalah kulit kering sekaligus mencerahkan.

8. Avokad
Avokad mengandung sumber pelembap alami yakni vitamin E dan antioksidan. Avokad bisa menjadi alternatif menu sahur dan buka puasa sekaligus pengganti karbohidrat atau nasi.

9. Apel
Apel mengandung 86 persen air dan tinggi antioksidan. Kandungan serat pada apel juga bisa membuatmu merasa kenyang cukup lama..

10. Pir
Seperti apel, pir juga kaya akan air dan serat. Selain baik untuk pencernaan, serat pada pir mampu melembutkan kulit. Serat buah pir mencegah gula merusak kolagen yang sangat dibutuhkan kulit.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."