Mulut Kering, Penyebab Bau Mulut Tak Sedap saat Berpuasa

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
ilustrasi bau mulut (pixabay.com)

ilustrasi bau mulut (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kunci mencegah bakteri penyebab bau mulut terus berkembang, terutama kala berpuasa, adalah dimulai dengan mengatasi mulut kering ketika berpuasa.

Drg. Linus Boekitwetan, M.Kes. mengingatkan untuk tidak memperparah kondisi mulut yang sudah kering, misalnya dengan minuman beralkohol atau merokok karena kedua kebiasaan ini memiliki kecenderungan membuat mulut semakin kering.

Selain itu, jenis makanan yang dikonsumsi wajib dijaga,  misalnya makanan yang mengandung bawang dan petai. Tidak ketinggalan, penggunaan obat kumur wajib diperhatikan.

 “Sebaiknya pilih obat kumur yang nonalkohol supaya rongga mulut tidak menjadi semakin kering,” ucap Linus.

Dokter yang mendapat gelar Magister di bidang Ortodontik ini juga mengatakan penggunaan obat kumur harus dibarengi dengan perawatan gigi yang teratur.

Bukan cuma menyikat gigi teratur dengan pasta gigi mengandung fluoride, yang tak kalah penting  membersihkan sisa makanan pada sela gigi dengan benang gigi. Permukaan lidah tak boleh luput, dibersihkan pula.

“Terutama di bagian belakang lidah karena biasanya di sana tempat banyak bakteri berkumpul,” ujar Linus.

Bagi yang menggunakan gigi palsu lepasan, disarankan untuk melepas dan membersihkannya sebelum tidur dan baru dipakai keesokan harinya. 

AURA

Baca juga:
Buah Kepel Penghilang Bau Mulut, Hasil Riset dari UI
Bakteri Menuntunmu kepada Kekasih, dari Bau Badan Sampai Ciuman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."