Tambah Usia Wajah Akan Terlihat Kotak, Apa Sebabnya?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi wajah wanita yang mulus bersih dan segar. shutterstock.com

Ilustrasi wajah wanita yang mulus bersih dan segar. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Usia bertambah tak bisa dihindari. Semua orang pasti akan menua dan mengalami perubahan pada wajah. Sebab itu, edukasi mengenai apa yang terjadi saat proses penuaan menjadi suatu hal yang penting, terutama untuk orang-orang yang ingin melakukan perawatan kecantikan.

Baca juga:
Ikuti Gerakan Yoga Wajah untuk Melatih Otot
Beda Kulit Kering dengan Kulit yang Dehidrasi

Ahli kecantikan dari Fashion Legacy, dokter Ratna Widyaningsih mengatakan ada beberapa hal yang berubah saat penuaan. "Perawatan kecantikan bukan untuk menghentikan perubahan tersebut, namun menahan atau mengurangi perubahan yang buruk," ucap Ratna di Kemang, Jakarta. "Seiring waktu, wajah akan berubah menjadi lebih kotak dan itu suatu hal yang natural."

Ratna kemudian merinci proses penuaan pada wajah yang terlihat kasat mata. "Pertama, kulit akan menurun dan itu membuat wajah menjadi lebih kotak," kata dia. Di dalam wajah, kondisi otot juga berubah menjadi lebih lemas. Saat penuaan, otot akan menghadapi atrophy, di mana lemak yang tadinya kencang di bagian atas wajah akan turun ke bawah. Elastisitas kolagen juga akan terus menurun dengan bertambahnya usia.

Ilustrasi wajah bermasalah. Shutterstock

Perubahan tidak hanya terjadi pada kulit dan otot, namun pada tulang. "Awalnya rahang akan terlihat tajam, dan setelah menua akan berbentuk lebih kotak," ucap Ratna. Dengan perawatan wajah yang tepat dan teratur, siapapun dapat dapat mengurangi perubahan yang akan terjadi pada wajah saat penuaan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."