Celana Dalam Terbaik untuk Miss V, Kuman Tak Berkembang

Reporter: Cantika.com
Editor: Rini Kustiani
Senin, 23 April 2018 19:00 WIB
Celana Dalam Terbaik untuk Miss V, Kuman Tak Berkembang

CANTIKA.COM, Jakarta - Perempuan yang sudah menstruasi dan masuk usia produktif harus lebih memperhatikan kebersihan vagina atau Miss V. Tidak hanya rutin dibersihkan, ada faktor lain yang dapat membantu menjaga kebersihan area kewanitaan. Pemilihan celana dalam juga berdampak besar pada kebersihan area kewanitaan.

Baca juga:
Perhatikan Kandungan Ini Jika Pakai Cairan Pembersih Miss V
Terapi Ozon Buat Miss V, Bagaimana Cara dan Apa Manfaatnya

"Celana dalam bahan katun adalah yang terbaik karena cepat kering dan memiliki daya serap tinggi," kata dokter spesialis kebidanan dan kandungan, Neni Anggraeni di Jakarta. "Kalau celana dalam kering, kuman tidak akan berkembang."

Saat perempuan melakukan banyak aktivitas, biasanya area kewanitaan akan lebih lembap. Sebab itu, menggunakan celana dalam yang menyerap dan cepat kering dapat membantu menjaga kebersihan area kewanitaan. "Kalau celana dalam dari bahan yang berenda atau nylon itu lembap dan kuman lebih mudah berkembang," kata dia.

Ilustrasi jemuran celana dalam. istockphoto.com

Artikel lainnya:
Batuk pun Bisa Bikin Miss V Kendur, Ada Cara Mengencangkannya

Di vagina sejatinya ada kuman yang baik dan yang tidak baik. Neni Anggraeni mengatakan bakteri baik laktobacillus yang mengeluarkan hideogen peroksida dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Namun saat kondisi lembap, bakteri jahat dapat lebih cepat berkembang. "Sirkulasi udara di area vagina juga harus dijaga. Celana dalam berbahan katun lebih tipis sehingga perputaran udara juga terjaga," tuturnya.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA